Main Article Content

Abstract

Datsun Go merupakan salah satu mobil Low Cost Gren Car (LCGC) yang beredar di Indonesuia. Mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem AVG (Average) atau pembacaan rata-rata bahan bakar yang dapat dilihat dengan mudah pada display. Namun demikian laporan terkait konsumsi bahan bakar yang disampaikan pengguna kendaraan sangat bevariasi. Tujuan studi ini adalah untuk menginvestigasikesalahan pembacaan konsumsi bahan bakar pada berbagai kondisi dan dinamika kendaraan. Metode studi ini dengan mensimulasikan berbagai kemiringan dan juga akselerasi kendaraan. Hasil investigasi menunjukan bahwa terjadi kesalahan pembacaan fuel sender karena pengaruh dinamika kendaraan Dinamika dan kondisi kendaraan sangat berpengaruh terhadap pembacaan konsumsi rerata bahan bakar.

Keywords

Datsun Go Pembacaan display Konsumsi bahan bakar

Article Details

Author Biographies

Ade Burhanudin, Nissan Datsun Kota Magelang, Indonesia

Technician

Bambang Septian, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

Academic profile: n.a

Budi Waluyo, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

Academic profile: ScopusORCIDGoogle ScholarResearchGateSintaPublons

Saifudin Saifudin, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

Academic profile: ScopusORCIDGoogle ScholarResearchGateSinta

References

  1. I. K. Adam, A. Galadima, and A. I. Muhammad, “Biofuels in the Quest for Sustainable Energy Development,” Journal of Sustainable Development, vol. 4, no. 3, pp. 10–19, 2011.
  2. IEA, “World Energy Outlook 2015,” Paris, 2015.
  3. B. Waluyo, I. N. G. Wardana, L. Yuliati, and M. N. Sasongko, “The role of molecule cluster on the azeotrope and boiling points of isooctane-ethanol blend,” Fuel, vol. 215, no. September 2017, pp. 178–186, 2018.
  4. R. . Colvile, E. . Hutchinson, J. . Mindell, and R. . Warren, “The transport sector as a source of air pollution,” Atmospheric Environment, vol. 35, no. 9, pp. 1537–1565, Mar. 2001.
  5. M. Setiyo, B. Waluyo, M. Husni, and D. W. Karmiadji, “Characteristics of 1500 CC LPG fueled engine at various of mixer venturi area applied on Tesla A-100 LPG vaporizer,” Jurnal Teknologi, vol. 78, no. 10, 2016.
  6. B. Waluyo, “Performance of SI Engine at Various of Oil Catch Tank Filter Materials,” International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology (An ISO Certified Organization), vol. 3297, no. 11, 2007.
  7. GFEI, “Improving Vehicle Fuel Economy in the ASEAN Region,” London, 2010.
  8. J. Adolf, C. Balzer, A. Joedicke, and U. Schabla, “Shell LPG Study,” Hamburg, 2015.

Most read articles by the same author(s)