Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Praktik Kelistrikan SMK (Studi pada SMK Sriwijaya Karangpucung)

Main Article Content

Parikhin Parikhin
http://orcid.org/0000-0003-1233-0974

Abstract

Tujuan  penelitian  untuk meningkatkan kualitas pembelajaran praktik kelistrikan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Desain penelitian Kemmis & Mctaggart yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses penelitian dalam tiga siklus, fokus pada kelas XI TKR SMK Sriwijaya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, uji kompetensi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data proses pembelajaran  dengan analisis deskriptif kualitatif dan mengetahuai ketercapaian hasil belajar dengan analisis deskriptif kuantitatif, subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas XI TKR. Hasil penelitian terdapat peningkatan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD meningkatkan kualitas pembelajaran praktik jika dilihat dari hasil aktivitas pendidik, peserta didik dan hasil uji kompetensi peserta didik yang meliputi persiapan, proses, hasil, sikap dan waktu kerja

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Depdiknas. 2003. Undang-undang RI nomor 20, tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional.

[2] Behroozi, M. 2014. A survey about the function of technical and vocational education: An empirical study in Bushehr city. Journal of Procedia Social and Behavioral Sciences, 143, 265 – 269.

[3] Pavlova, M. 2009. Technical an vocational education for sustainable development. Netherlands: Springer.

[4] Ali, M. 2012. Analisis kesiapan SMK RSBI dalam peningkatan daya saing lulusan. Jurnal kependidikan, 43, 78-86.

[5] Primartadi, A. Pengaruh metode student’s team’s achievement division (STAD) dan problem based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari potensi akademik siswa SMK otomotif. Jurnal pendidikan vokasi, Vol. 2, No. 2, Juni 2012

[6] Rakhman, A., & Syatroh, I.L. The analysis of students team achievement divisions (STAD) used in learning practice of translating and interpreting. ELTIN journal, Vol. 3/II, October 2015.

[7] Lixu., & Liming, L. 2010. Probe into STAD cooperative learning based on Moodle. This project is supported by the scientific research common program of Beijing municipal commission of education (No. KM200810028016) and Beijing municipal program for elaborate courses, 978-0-7695-3987-4/10.

[8] Nikou, F.R., Bonyali, A., & Ebrahimi, K. The effect of student team achievement division (STAD) on language achievement of Iranian EFL students across gender. European online journal of natural and social sciences 2014; Vol.3, No.4 pp. 936-949.

[9] Utami, S. & Soenarto. 2015. Peningkatan motivasi kemandirian dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif pada pembelajaran dasar sinyal audio. Jurnal Pendidikan Vokasi, vol 5, No. 1, Februari 2015.

[10] Sudira, P. (2016). TVET abad XXI filososfi, teori, konsep, dan strategi pembelajran vokasional. Yogyakarta: UNY Press.

[11] Light, G., Cox, R., & Calkins. S. 2009. Learning and teaching in higher educations the reflective professional. London: SAGE Publications.

[11] Pujiriyanto. (2005). Desain Grafis Komputer: Teori Grafis Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.

[12] Kupezynski, L., Mundy, M.A., Goswami, J., & Meling, V. 2012. Cooperative learning in distance learning: a mixed methods study. International journal of instruction. E-ISSN: 1308-1470.