ANALISIS PEMAHAMAN PERMENDESA NO. 4 TAHUN 2015 DAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PADA AKUNTABILITAS PENGELOLAAN BUMDES

  • Yulinda Devi Pramita Universitas Muhammadiyah Magelang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji secara empiris pengaruh pemahaman Permendesa No. 4 tahun 2015 dan Pemanfaatan Sistem Informasi pada Akuntabilitas Pengelolaan BUMDes pada BUMDes di Kabupaten Magelang. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terimplementasikannya pengelolaan BUMDes yang akuntabel sehingga dapat menggerakkan sektor perekonomian desa sehingga dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan menambah PADesa. Beberapa target khusus penelitian adalah pengembangan BUMDes, tata kelola BUMDes, pemahaman Permendesa No. 4 tahun 2015, pentingnya pemanfaatan sistem informasi BUMDes. Untuk mencapai tujuan dan target khusus tersebut digunakan metode penelitian kuantitatif. Diharapkan dari metode tersebut dapat menghasilkan hasil penelitian yang dapat digeneralisasikan pada akuntabilitas pengelolaan BUMDes.


Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengelola BUMDes yang terdapat di Kabupaten Magelang. BUMDes di Kabupaten Magelang termasuk BUMDes dalam kategori sedang berkembang sehingga penting untuk mengetahui pemahaman terkait Permendesa No. 4 tahun 2015 dan pentingnya sistem informasi akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pengelola BUMDes terkait Permendesa No. 4 tahun 2015 dan pemanfaatan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan BUMDes di Kabupaten Magelang. Luaran penelitian diharapkan dapat berkontribusi pada penelitian selanjutnya terkait pengembangan BUMDes sebagai penggerak ekonomi masyarakat desa.

Published
2018-04-27
How to Cite
PRAMITA, Yulinda Devi. ANALISIS PEMAHAMAN PERMENDESA NO. 4 TAHUN 2015 DAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PADA AKUNTABILITAS PENGELOLAAN BUMDES. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 1-8, apr. 2018. ISSN 2579-647X. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/bisnisekonomi/article/view/1978>. Date accessed: 20 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v16i1.1978.