Main Article Content

Abstract

       Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh mekanisme corporate governance, yaitu kepemilikan institusional,kualitas audit, ukuran perusahaan dan leverage terhadap manajemen laba, dan juga meneliti pengaruh Konsekuensi dari manajemen laba terhadap kinerja keuangan.
Data dalam penelitian ini adalah data sekunder pada perusahaan perbankan  di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan adalah 11 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) pada periode 2005-2009 diambil secara purposive sampling. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi berganda dan regresi tunggal.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, (2) kualitas audit tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, (3) ukuran perusahaan berpengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba, (4) Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, (5) secara simultan, kepemilikan institusional, kualitas audit, ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh bersama terhadap manajemen laba dengan nilai R square 0,357;(6)manajemen laba berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja keuangan,dan (7) manajemen laba berpengaruh bersama dengan  nilai R square 0,27036.

Article Details

How to Cite
Saffudin, A. Z., & Prasetiono, P. (2016). CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA SERTA KONSEKUENSI TERHADAP KINERJA KEUANGAN. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 10(2), 91-104. Retrieved from http://journal.ummgl.ac.id/index.php/bisnisekonomi/article/view/288