Main Article Content

Abstract

Pengembangan kepribadian santri di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah (PAYM) Kaliangkrik menjadi tema yang diangkat dalam pengabdian ini. Hampir merata santri PAYM Kaliangkrik belum memiliki kepercayaan diri yang baik, kedisiplinan santri dalam melaksanakan aktivitas keseharian belum baik, dan juga kebiasaan santri dalam mengisi waktu luang belum mencerminkan kualitas yang baik. Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) merupakan kegiatan akademik dengan bobot 3 SKS dimana mahasiswa melakukan kegiatan selama 160 jam yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. Tujuan dari program PPMT ini adalah untuk mengembangkan kepribadian santri terutama dalam memanajemen diri dan kedisiplinan. Strategi pendekatan yang digunakan dalam PPMT ini adalah Contextual Teaching and Learning (CTL), yaitu pembelajaran yang dalam penyampaiannya dapat dikaitkan terhadap konteks kehidupan sehari-hari. Sedangkan metode yang digunakan dalam PPMT ini adalah pendampingan dan pembiasaan. Program yang dilaksanakan dalam kegiatan ini dibagi menjadi 2 yaitu pelatihan dan pendampingan. Pelatihan yang dilaksanakan yaitu pelatihan Master of Ceremony (MC) dan pelatihan pengembangan diri. Sedangkan pendampingan yang dilaksanakan meliputi pendampingan belajar daring, salat dhuha, tahsin, pidato, azan, kaligrafi dan pengolahan jamur sebagai lifeskill santri. Apa yang sudah dilaksanakan dalam PPMT ini mendapatkan respons baik dari pengasuh dan pengurus PAYM Kaliangkrik. Hal ini terlihat dari komentar yang diberikan bahwasanya kepribadian dan kehidupan santri meningkat lebih baik dengan adanya kegiatan PPMT ini.

Keywords

Pengembangan diri Pelatihan Santri

Article Details

How to Cite
Imron, I., Amalia, R., Wardani, M., Nusandani, M., Chamsin, E., Indrianty, R., & Hasyim, F. (2021). Program Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT) pada Pengembangan Kepribadian Santri di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kaliangkrik. Community Empowerment, 6(2), 200-207. https://doi.org/10.31603/ce.4291

References

  1. Endah, Tri, & Jamil. (2020). Perkembangan Fisik Remaja. Bandung: Ongka Book.
  2. Masyhur, R. (2018). Kinerja Pengasuh dalam Pembinaan Akhlak Anak di Panti Asuhan Yatim Piatu Kinderhut Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 205–222.
  3. Nurihsan, A. J. (2011). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Refika Aditama.
  4. Rohendi, E. (2012). Ajaran Agama dan Pembentukan Kepribadian. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1–6.
  5. Srijatun. (2016). Implementasi Model Pendidikan Pondok Pesantren Di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Slawi Kabupaten Tegal. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 109–124.
  6. Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.