Main Article Content

Abstract


 


Pembelajaran berbasis daring saat ini masih menjadi momok bagi sebagian guru karena adanya keterbatasan pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki oleh guru. Pelatihan peningkatan kemampuan pemanfaatan TIK diperlukan bagi guru agar dapat  membuat dan menciptakan konten-konten pembelajaran yang menarik dan interaktif sehingga dapat merangsang siswa dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pembelajaran berbasis pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi kepada guru agar bisa memanfaatkan sebaik mungkin teknologi tersebut sebagai bahan mengajar secara optimal. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah teacher center yaitu instruktur akan memberikan materi kepada peserta (guru) dengan simulasi seperti guru yang mengajar kepada murid dengan kata lain kita yang menjadi guru untuk memberikan ilmu tersebut. Kesimpulan dari kegiatan ini peserta/guru dapat memahami tentang pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi secara konseptual dan praktik sehingga mampu untuk menerapkan pembelajaran tersebut untuk penerapan pembelajaran secara daring.


 



Keywords

TIK e-learning teacher center

Article Details

How to Cite
Prabowo, N., Rahmawati, Z., Meliarta, F., Astuti, R., Ahmareza, D., & Adhania, I. (2021). Implementasi TIK untuk Mendukung Sistem E-Learning di SD Negeri Rejosari 1 Bandongan Magelang. Community Empowerment, 6(2), 181-186. https://doi.org/10.31603/ce.4322

References

  1. Aji, R. H. (2020 ). Dampak Covid -19 Terhadap Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajarn. 396.
  2. A.N, S., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). pengaruh Daring Learning terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional dan Enterpreneurship VI tahun 2019, 1.
  3. Wuryanti, U., & B. K. (2016). Pengembangan Media Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan karakter, 232-223.