Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini dilaksanakan di Dusun Semoyo, Desa Sugihmas, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang dengan melibatkan kelompok tani Ngudi Lestari. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pemasaran hasil panen cabai dengan diversifikasi produk cabai dan penjualan secara online. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melakukan pelatihan dan pendampingan membuat beberapa diversifikasi produk cabai merah diantaranya cabai merah kering dan cabai bubuk pada kelompok tani Ngudi Lestari. Selain itu, untuk membantu pemasaran maka dilakukan pelatihan dan pendampingan pada pembuatan website untuk memperluas jangkauan penjualan produk cabai merah. Untuk hasil dari pengabdian ini adalah olahan cabai bubuk, cabai kering, serta website yang digunakan sebagai sarana penjualan online. Diharapkan  dengan adanya website tersebut dapat memudahkan penjualan serta dapat meningkatkan perekonomian Desa Sugihmas terutama untuk Dusun Semoyo.

Keywords

Cabai kering Cabai bubuk Pemasaran online Website

Article Details

How to Cite
Nugroho, S., Satrio Noto Negoro, M., Saputra, S., Hartini, R., Yunita, A., & Mulyawati, D. (2021). Pelatihan Diversifikasi Cabai Merah pada Gapoktan Ngudi Lestari Desa Sugihmas, Grabag, Magelang. Community Empowerment, 6(2), 167-174. https://doi.org/10.31603/ce.4336

References

  1. Jumasdan. (2014). Studi Pengaruh Penambahan Gas CO2 terhadap Umur Simpan Cabe Keriting (Capsicum annum var) Tanpa Bkanching. Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin, Makassar.
  2. Kesumawati, N., & Hayati, R. (2016). Diversifikasi Produk Olahan Cabai Merah Keriting Sebagai Alternatif Penanganan Pasca Panen Cabai Merah Di Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong. Dharma Raflesia, 14(2).
  3. Novita, D. D., & Rahmawati, W. (2020). Pemberdayaan Wanita Tani Dalam Usaha Produksi Abuca. Sakai Sambayan, 4(2).
  4. Pribadi, G., & Perlambang, R. (2018). Peningkatan Kesejahteraan Petani Cabai dengan Pelatihan Pembuatan dan Pengemasan Abon dan Bubuk Cabe di Desa Tanjung Rejo Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 60–63.
  5. Sondakh, N., & Rengku, J. O. (2013). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Peningkatan Pendapatan Usahatani Cabai Rawit Di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(2), 74–86.
  6. Supriadi, D. R., Susila, A. D., & Sulistyono, E. (2018). Penetapan Kebutuhan Air Tanaman Cabai Merah (Capsicum annuum L.) dan Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.). Jurnal Hortikultura Indonesia, 9(1), 38–46.