Main Article Content

Abstract

Kegiatan diseminasi produk teknologi ini melibatkan kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Curug Mutiara, dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Curug. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah sulitnya melakukan pengolahan air untuk proses pembudidayaan ikan lele karena kualitas air tanah yang ada di Desa Curug kurang baik, dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang diversifikasi produk pangan olahan ikan lele. Tujuan dari diseminasi produk teknologi ini adalah membantu mitra dalam pengembangan teknologi filtrasi air kolam dan melakukan diversifikasi produk pangan olahan ikan lele. Tahapan kegiatan yang digunakan, yaitu sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Kegiatan diseminasi produk teknologi kepada masyarakat yang telah dilaksanakan dapat berjalan berkat kerja sama tim pengabdian, perangkat desa dan kelompok pembudidaya ikan lele serta TP-PKK desa Curug, dalam menciptakan dan mengembangkan usaha budidaya ikan lele yang produktif, sehingga mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Keywords

Diseminasi Filtrasi Diversifikasi produk Ikan lele

Article Details

References

  1. Badan Pusat Statistik, Kabupaten Bogor. (2020). Kecamatan Gunung Sindur Dalam Angka. BPS Kabupaten Bogor.
  2. Churiyah, M., Sholikhan, Basuki. A., Darma. B.A. (2019). Adopsi Teknologi Budidaya Ikan Lele Dengan Sistem Bioflok. Jurnal Graha Pengabdian. 1 (2), 160-169.
  3. Fauzia, S.R., Suseno, S.H. (2020). Resirkulasi Air Untuk Optimalisasi Kualitas Air Budidaya Ikan Nila Nirwana (Oreochromis niloticus). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2 (5), 887-892.
  4. Gunawan, S. (2010). Kiat Sukses Budidaya Lele di Lahan Sempit. Jakarta: Agromedia Pustaka.
  5. Handayani, D.I.W., dan Kartikawati, D. (2015). Stiklele Alternatif Diversivikasi Olahan Lele (Clarias SP) Tanpa Limbah Berkalsium Tinggi. Jurnal Ilmiah Serat Acitya, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. 4 (1), 109-117.
  6. Lindawati, Rahadian, R., dan Koeshendrajana, S. (2013). Analisis Daya Saing Komoditas Ikan Lele Kabupaten Bogor. Jurnal Sosek KP Vol. 8 No. 1, pp. 93-101.
  7. Marsigit, W. (2010). Pengembangan Diversifikasi Produk Pangan Olahan Lokal Bengkulu untuk Menunjang Ketahanan Pangan Berkelanjutan. Jurnal Agritech, 30 (4), 256-264.