Main Article Content

Abstract

Pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan diantaranya memberikan pelatihan branding produk dan pemasaran digital kepada kelompok karang taruna Desa Keboan Anom, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo Jawa Timur. Masalah yang terjadi pada Mitra yaitu belum memiliki label usaha dan masih menerapkan cara manual dalam memasarkan produknya. Pemasaran manual dilakukan dengan menitipkan produk ke warung di sekitar tempat tinggal, tanpa adanya bantuan pemasaran online. Permasalahan yang diangkat adalah peningkatan branding produk, dan peningkatan manajemen pemesanan produk dengan implementasi teknologi informasi. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan branding produk dan pembuatan website. Penerapan aplikasi kepada mitra melalui kegiatan transfer knowledge melalui pelatihan dan pendampingan mitra dalam penggunaan website. Pelaksanaan kegiatan dengan metode Focus Group Discussion (FGD) untuk menjalin keterbukaan, kepercayaan dan memahami persepsi, sikap serta pengalaman persoalan yang dimiliki oleh mitra dalam melakukan branding produk, kemudian dilanjutkan pada pendampingan yaitu penyuluhan dan pelatihan penggunaan website yang meliputi desain iklan, upload konten.

Keywords

Pelatihan Branding Digital marketing Pengabdian masyarakat

Article Details

How to Cite
Hanun, N., Fitriyah, H., Fitrani, A., Hidayat, A., & Handayani, H. (2021). Optimalisasi Branding Produk dan Digital Marketing pada Karang Taruna Desa Keboan Anom. Community Empowerment, 6(2), 285-290. https://doi.org/10.31603/ce.4402

References

  1. Achmad Dafiq Husni, Any mardiyanti, A. Z., Arif Gema Setiawan, Fatchur Rochman Kabarudin, Nuriyah, L., Hakim, L., Merry Amanda Permatasari, Mufidatul Nizak, Moch Dani Septiyan, M. J. M., Myta Fauziah Samsu, Novita Ernila Tisnawati, Nurul Alfiaturrohmaniah, Rico Ryan Ernanda, V. Q. A. R., & Lely Ika Mariyati. (2019). Pengabdian Masyarakat di Desa Keboan Anom Tahun 2019 (Rohman Dijaya (ed.)). UMSIDA Press. https://drpm.umsida.ac.id/wp-content/uploads/2020/09/Buku-KKN-Keboananom-2019
  2. Hanun, N. R., Fitriyah, H., & Azzara, R. (2020). Kemandirian Ekonomi Melalui Optimalisasi Peran Karang Taruna. Berdikari, 08(02), 115–122. https://journal.umy.ac.id/index.php/berdikari/article/view/8881/5640
  3. Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 5(2), 28–35. https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.3514
  4. Supriyanto, A. (2015). Profil Desa Keboan Anom Gedangan Sidoarjo. http://kkndesakeboananom.blogspot.com/2015/08/pos-bindu.html