Main Article Content

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dalam upaya membangun budaya internet sehat dan aman melalui sosialisasi pada Posyandu Remaja di UPT Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung. Hal ini dikarenakan tidak sedikit peserta Posyandu Remaja di lingkungan tersebut yang kesehariannya selalu memanfaatkan teknologi digital berupa gadget. Di samping itu melansir pemberitaan media masa bahwa adanya isu pembatasan penggunaan internet di Indonesia tahun 2019 khususnya media sosial oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam rangka menangkal penyebaran hoaks dan informasi provokatif di masyarakat menjelang pelaksanaan pilpres dan pilkada. Pada tahun yang sama Kominfo telah memblokir 1,8 juta konten negatif di internet yang terdiri atas 1,2 juta konten situs web dan 600 ribu konten media sosial. Dengan demikian perlu adanya penyadaran kepada masyarakat khususnya remaja sebagai bagian dari generasi penerus bangsa untuk ikut berperan serta dalam upaya menyukseskan program pemerintah khususnya dalam penggunaan internet secara bijak dan kepatuhan pada aturan hukum yang berlaku khususnya UU ITE. Adapun metode pelaksanaan adalah ceramah, diskusi dan demo penggunaan media aplikasi. Metode pengumpulan data dilakukan berdasarkan angket. Tempat pelaksanaan kegiatan ini bertempat di balai RW 05 Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Sasaran kegiatan sosialisasi ini adalah Posyandu Remaja UPT Puskesmas Ibrahim Adjie yang berjumlah 15 peserta. Setelah  dilakukan  pemberian  pemahaman tentang internet sehat dan aman terdapat peningkatan pengetahuan, sehingga peserta Posyandu Remaja dapat memahami akan pentingnya membangun budaya Internet Sehat dan Aman. Di samping itu berdasarkan hasil penilaian dan analisis data menghasilkan umpan balik bahwa 82,67% peserta menyatakan komitmen kesiapan untuk mengubah pola sikap keseharian dalam penggunaan internet yang merupakan bentuk keseriusan pada keikutsertaannya dalam program posyandu remaja di lingkungan UPT puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung.The implementation of Healthy Internet socialization that was carried out received a positive response, with 15 participants (teenagers) active participants. With the socialization of Healthy Internet for adolescents, it is hoped that it can provide knowledge in using the Internet wisely and can filter information obtained from internet media.

Keywords

Internet sehat Media sosial Hoaks Konten situs

Article Details

References

  1. Linda Siti Rohaeti, MKM et al. 2018. “Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Posyandu Remaja.” In ed. SKM Siti Khumaidah. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 1–128. perpustakaan.kemenkes.go.id.
  2. Joshi, Ankur, Saket Kale, Satish Chandel, and D. Pal. 2015. “Likert Scale: Explored and Explained.” British Journal of Applied Science & Technology.
  3. Suwarno, Djoko, and Dkk. 2018. PERZPECTIVE: Social Techno Outlook on Life Characteristic. SCU Knowledge Media. https://books.google.co.id/books?id=-KlcDwAAQBAJ.
  4. Wikipedia. 2019. “Milenial.” https://id.wikipedia.org/wiki/Milenial (January 7, 2019).