Main Article Content

Abstract

Pandemi yang melanda di tahun 2020 ini memaksa sekolah untuk merubah proses pembelajaran dari luring menjadi daring. Beberapa sekolah terlihat belum siap menghadapi proses pembelajaran secara daring, sehingga menggunakan platform seadanya yang mengakibatkan beberapa guru mengalami kesulitan dalam mengelola kelas. Hal ini juga dialami oleh SMP Muhammadiyah Al-Manar, sehingga diperlukan diadakan kegiatan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kemampuanĀ  guru dalam teknologi khususnya penggunaan platform e-learning yaitu google classroom. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan agar guru yang masih aktif di SMP Muhammadiyah Al-Manar dapat meningkatkan keterampilan penggunaan platform google classroom untuk mendukung pembelajaran daring selama pandemi berlangsung. Kegiatan PkM dilaksanakan selama bulan Oktober-Desember 2020 dengan metode ceramah, pelatihan, workshop dan pendampingan yang dilakukan oleh tim PkM. Dari kegiatan tersebut diperoleh peningkatan indikator keterampilan penggunaan google classroom yaitu mengenal fitur google classroom dari 58,3% naik menjadi 70,8%, kemampuan upload file dari 41,67% naik menjadi 69,4%, upload video dari 54,12% menjadi 69,4%, upload tugas dari 54,12% naik menjadi 69,4% dan penilaian tugas serta umpan balik naik dari 50% ke 72,2%.

Keywords

Pandemi Teknologi Google Classroom

Article Details

How to Cite
Priwantoro, S. W., Fahmi, S., Cahdriyana, R. A., & Rianto, R. (2021). Pendampingan Keterampilan Guru di SMP Muhammadiyah Al-Manar dalam Penggunaan Google Classroom. Community Empowerment, 6(2), 276-284. https://doi.org/10.31603/ce.4426

References

  1. Afrianti, W. E. (2018). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi (Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia).
  2. Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.
  3. Batubara, D. S. (2018). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya). Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 48-65.
  4. Febrianto, A., & Saputra, N. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Inovatif dengan VideoScribe Bagi Guru SDN Malangrejo. Community Empowerment, 6(1), 24-28.
  5. Ibnu Habibi. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (Whatsapp Group, Google Classroom dan Zoom Meeting). Cendikia. 161-178
  6. Ita Chairun Nisa, Baiq Rika Ayu Febrilia, Fitri Astutik, dkk. (2020). Pelatihan Googleclassroom Sebagai Platform Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. JPMB. 3(2):185-198
  7. Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii. Inspirasi (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial), 17(1).
  8. Wicaksono, Y. S. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi di SKM Unit V PT. Gudang Garam, Tbk Kediri). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1).
  9. Wijaya Kusuma, J & hamidah. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform Whatsapp group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid-19. JIPMat Vol.5 No.1
  10. Wijayanto, Agus Dwi, Siti Nurul Fajriah, Ika Wahyu Anita. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1):99-103