Peningkatan Makharijul Huruf dengan Metode Smart Tahsin di RW XIII Perumahan Pondokrejo Asri Danurejo Mertoyudan Magelang

  • Nurodin Usman Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Eko Kurniasih Pratiwi Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Magelang

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk menerapkan iptek bagi masyarakat dengan cara menerapkan Metode Tsaqifa dalam proses pembelajaran Alquran untuk dewasa selama 7.5 jam. Melalui penerapan metode tersebut, diharapkan dapat diketahui kekurangan dan kelebihan penerapan Metode Tsaqifa dalam proses pembelajaran Alquran untuk dewasa selama 7.5 jam tersebut. Tujuan lain dari pengabdian ini adalah untuk merumuskan model baru bagi pembelajaran Alquran untuk dewasa sebagai bentuk upaya tindak lanjut dari penyempurnaan dari kekurangan atau kelemahan Metode Tsaqifa ketika diterapkan di lapangan. Metode pelaksanaan kegiatan mengadopsi pola pelaksanaan penelitian tindakan meliputi empat tahap, yaitu: perencanaan program, pelaksanaan program, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Hasil pelaksanaan program adalah (a) terbentuk kelompok masyarakat yang mampu mengenal huruf hijaiyah dan angka dalam bahasa Arab dengan baik, (b) terbentuk suasana pembelajaran Alquran sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuan dalam berinteraksi dengan Alquran, dan (c) terbentuk kelompok studi dan kajian yang menjalankan kegiatan secara rutin untuk meningkatkan pengetahuan tentang Alquran

Published
2017-12-22
How to Cite
USMAN, Nurodin; PRATIWI, Eko Kurniasih. Peningkatan Makharijul Huruf dengan Metode Smart Tahsin di RW XIII Perumahan Pondokrejo Asri Danurejo Mertoyudan Magelang. Community Empowerment, [S.l.], v. 2, n. 1, dec. 2017. ISSN 2621-4024. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/community_empowerment/article/view/2100>. Date accessed: 20 aug. 2018.
Section
Articles