Main Article Content

Abstract





Guru merupakan ujung tombak dalam sebuah institusi pendidikan. Sebagai seorang pendidik, guru harus mampu menguasai berbagai macam kompetensi. SD Muhammadiyah Pujotomo dan MI Muhammadiyah Danurejo sebagai institusi pendidikan, mempunyai masalah yang salah satunya adalah berkaitan dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru. Para guru belum bisa mengkonstekstualisasikan materi dengan pendekatan Islami dalam mengajar. Sehingga hal tersebut berpengaruh pada output siswa dalam hal pembentukan karakter keagamaan dan sosial belum menunjukkan sikap yang diharapkan, padahal seharusnya out put pendidikan Islam harus lebih baik daripada pendidikan umum. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan metode pembelajaran aktif berkarakter Islam rahmatan lil ‘alamin. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah model pemberdayaan masyarakat partisipatif atau Participatory Rural Apraissal (PRA). Metode ini dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa yang mempunyai atau menghadapi masalah adalah mitra, oleh karena itu keterlibatan mitra dalam penentuan pemecahan masalah yang dihadapi dan penyelesaiannya sangat diperlukan. Sedangkan rencana hasil yang akan dicapai yaitu 1) kontinyuitas pelaksanaan pembelajaran aktif dengan menggunakan metode berkarakter Islam rahmatan lil’alamin di tingkat SD/MI se Kabupaten Magelang. 2). menghasilkan pedoman metode pembelajaran aktif berkarakter rahmatan lil’alamin dalam bentuk diktat/ modul; serta peningkatan kompetensi pendidik mengimplementasikan metode pembelajaran aktif berkarakter rahmatan lil’alamin.





Keywords

guru perangkat pembelajaran karakter rahmatan lil ‘alamin

Article Details

How to Cite
Mawardi, I., & Baihaqi, A. (2018). Pemberdayaan Guru dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Aktif Berkarakter Islam Rahmatan Lil’alamin. Community Empowerment, 3(2), 81-85. https://doi.org/10.31603/ce.v3i2.2675