ANALISIS PENGARUH LABA BERSIH, ARUS KAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

  • Achmad Sachiyudin Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: Laba Bersih, Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, Arus Kas Pendanaan, Leverage, Ukuran Perusahaan, Return Saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh laba bersih, arus kas opersi, arus kas investasi, arus kas pendanaan, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap return saham dalam laporan keungan perusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 sampai dengan tahun 2018. Jumlah populasi penelitian ini adalah 53 perusahaan dan jumlah sampel sebanyak 14   perusahaan.   Penentuan   sampel   diperoleh   dengan   menggunakan purposive sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.  Hasil  penelitian  ini  menunjukan  bahwa laba bersih  dan  leverage  berpengaruh positif terhadap return saham, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap return saham, kemudian arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan tidak memiliki pengaruh terhadap return saham.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-01