PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN INSENTIF EKSEKUTIF TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Pada BEI tahun 2009-2018)

  • Andriani Monica Subekti Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Muhammad Al Amin Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen, insentif eksekutif, ukuran perusahaan, leverage, penghindaran pajak

Abstract

Penghindaran pajak adalah strategi untuk mengurangi beban pajak dengan memanfaatkan ketentuan yang diizinkan serta kelemahan hukum dalam peraturan perpajakan tetapi masih dalam area abu-abu atau masih dalam koridor hukum. Penghindaran pajak dapat dikatakan sebagai masalah yang rumit karena di satu sisi diperbolehkan, tetapi tidak diinginkan karena berpengaruh terhadap ketidaktercapian pendapatan pajak maksimum negara. Penelitian ini bertujuan  untuk  menguji  secara  empiris  pengaruh  tata  kelola  perusahaan  dan  insentif eksekutif terhadap penghindaran pajak dengan ukuran dan leverage perusahaan sebagai variabel kontrol. Populasi yang digunakan adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI untuk periode 2009-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata kelola perusahaan  yang diproksi dengan  kepemilikan  institusional dan  komisaris  independen  tidak  berpengaruh  terhadap penghindaran pajak dan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak. Sementara, insentif eksekutif berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-01