PERAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 - 2018)

  • Anisa Pramudia Wardani Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: Profitabilitas, Solvabilitas, Komite audit, Kompleksitas Operasi Perusahaan, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Pergantian Auditor, Opini Auditor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji antara faktor internal perusahaan seperti profitabilitas, solvabilitas, kompleksitas operasi perusahaandan komite audit, dan faktor eksternal termasuk ukuran kantor akuntan publik, pergantian auditor dan opini auditor terhadap audit delay.Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2016-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 17 perusahaan atau 51 sampel. Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPPS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwapergantian auditor berpengaruh positif terhadap audit delay,  sedangkan profitabilitas, solvabilitas, komite audit, kompleksitas  ukuran  perusahaan,  ukuran  kantor  akuntan  publik,  dan  opini  auditor  tidak berpengaruh terhadap audit delay.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-01