PERAN BUMN DALAM EVENT PAMERAN DAN DAMPAKNYA PADA PEMASARAN PRODUK UMKM

  • Siti Maro'ah Universitas Muhammadiyah Surabaya
Keywords: kemitraan BUMN, UMKM, event pameran, pemasaran produk

Abstract

Event promosi/pameran produk merupakan proses pembelajaran bagi UKM yang dapat memberi inspirasi untuk peningkatan kualitas produk dan memperluas jaringan pemasaran (Maro‘ah, 2013). Salah satu upaya yang dilakukan adalah terbentuknya jalinan kemitraan antara BUMN dengan UMKM. Melalui Program Kemitraan (PK) diselenggarakan pameranpameran produk unggulan UMKM yang diharapkan dapat mendongkrak volume penjualan dan makin meluasnya jaringan pemasaran. Tujuan penelitian adalah mengetahui implementasi Program Kemitraan BUMN melalui event pameran dan dampaknya pada volume penjualan dan jaringan pemasaran UMKM. Pendekatan kualitatif perspektif fenomenologi digunakan dalam penelitian ini dengan tehnik wawancara mendalam pada 15 informan pengusaha (UKM) di Kabupaten Gresik dan Tuban, Jawa Timur dengan tehnik ―bola salju‖ (snowball technique). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PKBUMN (Semen Gresik) melalui event pameran produk UMKM diselenggarakan di tingkat lokal, regional, dan internasional dengan melibatkan mitra binaan. Event pameran PKBUMN (Semen Gresik) berdampak positif dalam peningkatan volume penjualan dan jaringan pemasaran mitra binaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-14