Implementasi Model Participatory Rural Apraisal Dalam Pengelolaan Administrasi Keuangan Sekolah Guna Mewujudkan Good Govenance Sekolah

  • Nur Laila Yuliani Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Muhdiyanto Muhdiyanto Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Yulinda Devi Pramita Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: pengelolaan administrasi, manajemen keuangan, good governance

Abstract

SMK Muhammadiyah 1 dan SMK Muhammadiyah 2 Salam merupakan Amal Usaha
Muhammadiyah yang ada di Jumoyo dan Krakitan, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang.
Sekolah ini melakukan pengelolaan administrasi dan manajemen keuangan secara otonomi
atau desentralisasi dengan pengawasan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten
Magelang. Namun dalam pelaksanaanya belum dilakukan secara optimal, karena masih
terdapat kendala yang dihadapi pihak sekolah, baik dari pengetahuan tentang pengelolaan
administrasi dan manajemen keuangan sekolah maupun sumber daya manusia yang
kompeten. Oleh karena, pendampingan pada sekolah dalam pengelolaan administrasi dan
manajemen keuangan sekolah untuk menghasilkan laporan keuangan yang transparan dan
akuntabel sehingga terwujud good governance sekolah. Metode yang akan dipakai dalam
pencapaian tujuan tersebut adalah model pemberdayaan masyarakat partisipatif Participatory
Rural Apraisal (PRA). Metode ini dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa yang mempunyai
atau menghadapi masalah adalah mitra, sehingga keterlibatan mitra dalam penentuan
pemecahan masalah yang dihadapi dan penyelesaiannya sangat diperlukan. Hasil studi
menunjukan bahwa, peran keterlibatan terhadap mitra sangat efektif dan efisien dalam
pengelolaan administrasi keuangan sekolah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-01