Pengaruh Implementasi Teori Marketing Mix Terhadap Minat Nasabah Bank Syari‘ah Mandiri Di Kota Magelang

  • Pratiwi Yulis Pangestuti Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Halawiyatuzzahro Halawiyatuzzahro Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: Marketing Mix, Minat Nasabah, Bank Syariah Mandiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Teori Marketing Mix
(Produk , Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Minat Nasabah Untuk Menjadi Nasabah
Bank Syari‘ah Mandiri di Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini melibatkan Nasabah Bank Syariah
Mandiri Kota Magelang. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 91 orang. Pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan Wawancara yang digunakan
untuk mengetahui variabel Produk, Harga, Tempat dan Promosi serta variabel Minat
Nasabah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi linear berganda
dan uji prasyarat (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi)
dan uji statistik (uji t, uji F dan koefisien determinasi) dengan menggunakan bantuan
komputer program SPSS For Windows versi 22,0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa uji normalitas secara keseluruhan distribusi data bersifat normal. Untuk uji
multikolinieritas diperoleh nilai tolerance lebih dari 1 dan VIF kurang dari 10 sehingga model
regresi tidak ada masalah multikolinearitas. Dari analisis regresi diperoleh hasil: Produk
berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Nasabah dikarenakan nilai Variabel Produk
sebesar 2.613 dengan sig. t sebesar 0,011 < 0,05, Harga berpengaruh positif signifikan
terhadap Minat Nasabah dikarenakan nilai Variabel Harga sebesar 3.809 dengan sig. t sebesar
0,000 < 0,05, Tempat berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Nasabah dikarenakan
nilai Variabel Tempat sebesar 2.244 dengan sig. t sebesar 0,027 < 0,05 dan Promosi
berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Minat Nasabah dikarenakan nilai Variabel
Promosi sebesar 2.390 dengan sig. t sebesar 0,019 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa ada
hubungan antara Variabel Produk, Harga, Tempat dan Promosi dengan Minat Nasabah. Dan
dari hasil pengujian diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,523 yang berarti
kontribusi varian yang diberikan oleh variabel independen (Produk, Harga, Tempat dan
Promosi) terhadap Minat Nasabah adalah 52,3% atau dapat dikatakan bahwa 52,3%
mempengaruhi Minat Nasabah sedangkan sisanya sebesar 47,7% dipengaruhi oleh varian
lain di luar model penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-01