Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (Studi Pada Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Magelang)

  • Ronal Surya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Farida Farida Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: user involvement, human resource capabilities, leadership support, education and training programs, formalization of system development, performance of accounting information systems

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Keterlibatan Pengguna, Kapabilitas Sumber Daya Manusia, Dukungan Pimpinan, Program Pendidikan Dan Pelatihan serta Formalisasi Pengembangan Sistem terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Penelitian ini menggunakan sampel pegawai yang bekerja Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Magelang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 45 responden, berdasarkan metode purposive sampling, yaitu pegawai yang bekerja pada bagian keuangan dan yang sudah bekerja minimal 1 tahun. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kapabilitas sumber daya manusia dan formalisasi pengembangan sistem berpengaruh positif terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Sedangkan untuk variabel keterlibatan pengguna, dukungan pimpinan, dan program pendidikan dan pelatihan tidak berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-13