PENGEMBANGAN TREASURE KIDS SMART SEBAGAI MEDIA KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS V SD

  • Hengkang Bara Saputro PGSD, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: research and development, learning media, numeracy skills

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang penting dan sering diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Para siswa wajib untuk mempelajari dan menguasai ilmu tersebut. Keterampilan berhitung menjadi salah satu kunci sukses dalam mengikuti pembelajaran matematika. Berdasarkan observasi lapangan di kelas V SD Muhammadiyah Purworejo, masih banyak dijumpai siswa yang lambat dalam mengerjakan soal matematika. Di samping itu, keberadaan media yang menunjang keterampilan berhitung siswa juga masih belum tersedia.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah atau proses dalam mengembangkan media serta menguji kelayakan media yang dikembangkan untuk membantu meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas V SD.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) adaptasi Borg & Gall (1983: 775-776) yang memiliki 10 langkah. Pada penelitian ini, prosedur pengembangan media hanya melaksanakan sampai pada tahap ke tujuh, yakni: 1) mencari potensi dan masalah, 2) menganalisis kebutuhan dan studi literatur, 3) desain produk awal, 4) validasi ahli, 5) revisi desain, 6) ujicoba terbatas, 7) revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Hasil validasi menunjukkan kualitas media tergolong “sangat baik”. Hal ini menunjukkan media yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran guna membantu meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas V SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed). New York: Longman.
Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Jayanti, M & Wiratomo, Y. Perancangan Media Siap UN Matematika SMP Berbasis Android. Jurnal Susun Artikel Pendidikan (SAP), Vol. 2 No. 1, Hal 22-32, Agustus 2017.
Mujiani, D. S., Pengaruh Media Pembelajaran dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 7, Edisi 2, Desember 2016.
Purwoko, Aisyiah Nyimas, Mahmudi, dan Hartono. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti.
Santrock, John W. Perkembangan Anak. Mila Rachmawati. 2007. Jakarta: Erlangga.
Santrock, John W. Psikologi Pendidikan. Diana Angelica. 2009. Jakarta: Salemba Humanika.
Saputro, H. B., & Soeharto. 2015. Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia. Vol. 3 (1), Hal 61-72.
Smaldino, S.E., Lowther, D.L., & Russell, J.D. (2008). Instructional technology and media for learning. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Ugi, L. E., Djadir, & Darwis, M. Analisis Kesalahan Siswa pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Daya Matematis, Volume 4 No. 1, Hal 34-50, Maret 2016
Published
2017-12-31