PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN PETA PIKIRAN

Main Article Content

Iis Yeni Sugiarti

Abstract

Masalah yang menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini yaitu kesadaran perlunya pendekatan kontekstual dalam pembelajaran didasarkan adanya kenyataan bahwa sebagian besar peserta didik tidak mampu menghubungkan materi IPS dan bagaimana pemanfaatnya dalam kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain perangkat pembelajaran IPS, mengkaji  kevalidan, mengkaji keefektifan, dan mengkaji kepraktisan perangkat pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual berbantuan peta pikiran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, dengan mengacu pada model dari Plomp meliputi: 1)Investigasi Awal, 2)Perancangan, 3)Realisasi/Konstruksi, dan 4)Tes, Evaluasi, dan Revisi.  Penelitian ini menghasilkan produk berupa: buku guru dan buku peserta didik. Hasil penelitian adalah 1) Model pembelajaran didesain berdasarkan warna dan gambar dalam peta pikiran yang memiliki makna tersendiri dan erat kaitannya dengan lingkungan. 2)Perangkat pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual berbantuan peta pikiran adalah valid dengan rata-rata validasi 3,18 kategori sangat baik, 3)Perangkat pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual berbantuan peta pikiran adalah efektif dengan rata-rata 83 skor ketuntasan klasikal > skor KKM 75. Artinya 18 peserta didik (78%) telah memenuhi nilai KKM dan 5 peserta didik (21%), 4) Perangkat pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual berbantuan peta pikiran adalah praktis dengan perolehan persentase respon guru 77,08% dan respon siswa 77,22% dengan kategori baik.  Implementasi dari pembelajaran ini, peserta didik dapat menanamkan sikap peduli kepada lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SUGIARTI, Iis Yeni. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN PETA PIKIRAN. Edukasi Journal, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 59 - 68, dec. 2017. ISSN 2579-4965. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1690>. Date accessed: 18 july 2018.
Section
Articles

References

Ahmadi, I. F & Amri, Sofan, Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: PT. Pretasi Pustakaraya, 2011.
Berns, Robert G. And Erickson, Patricia M, Contextual Teaching Learning: Preparing Student For The New Economy. The Highlight Zone Research @ Work, No.5. Hal.2, 2001.
Buzan, Tony, Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2013.
Hobri, Metodologi Penelitian Pengembangan (Developmental Research). Jember: Universitas Jember, 2009.
Jones, Brett D et al, “The Effects Of Mind Mapping Activites On Students’ Motivation”. International Journal For The Scholarship Of Teaching And Learning. Vol. 6, No.1, 2012.
Komalasari, K, Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama, 2010.
Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, . 2007.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka, . 2007.
Wiyanto dan Edi, Nugroho. Buku Ajar Pembelajaran Inovatif. Tidak diterbitkan, 2008.