MODEL PEMBINAAN GURU SD BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

Main Article Content

Tjipto Subadi Budi Murtiyasa Anom Sutopo Sutama Sutama Muhroji Muhroji

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan pemahaman secara mendalam tentang: 1) Identifikasi masalah yang dihadapi guru SD dalam meningkatkan kualitas pendidikan; 2) Efektivitas lesson study sebagai model pembinaan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan; 3) Rancangan model pembinaan guru berbasis lesson study di Sekolah Dasar. Pendekatan penelitian ini kualitatif fenomenologi, paradigmanya definisi social,bergerak pada kajian mikro, Lokasi penelitian di Sekolah Dasar Kartasura, subjak penelitiannya guru-guru SDN 15 orang, SD Swasta 15 orang, informan penelitiannya  guru, Kepala Sekolah, Kepala Dinas. Tekni pengumpulan data dengan observasi, tes, dan wawancara; Teknik analisis datanya menggunakan teori  first order understanding dan second order understanding, sedangkan alur analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan  penelitian; 1) Masalah yang dihadapi guru SD dalam meningkatkan kualitas pndidikan berbasis lesson study, terdapat dua masalah; 1) masalah internal dan 2) masalah ekstrenal. 2) Eefektivitas lesson study sebagai model pembinaan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan terdapat dua efektifitas, yaitu; a) efektifitas lesson study berdasarkan teoritik dan b) efektifitas lesson study berdasarkan praktik. 3) Rancangan model pembinaan guru SD berbasis lesson study menggunakan leson study modification.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SUBADI, Tjipto et al. MODEL PEMBINAAN GURU SD BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN. Edukasi Journal, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 1 - 16, dec. 2017. ISSN 2579-4965. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1778>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles

References

Subadi, T., 2009, Pengembangan Model Untuk Meningkat kan Kualitas Guru Melalui Lesson Study di Sekolah Dasar Kodya Surakarta. Jurnal terakreditasi; Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, terakreditasi, Tahun 18 No. 2 Edisi November 2009. ISSN: 0854-8285, 7 halaman. Penerbit : PGSD Universitas Malang. (URI: http://jurnal. fip.um.ac.id/sekolahdasar/pengembangan-model-untuk-m..
Subadi, T., Sutarni, Rita, 2013, A Lesson Study as a Development Model of Professional Teachers, Jurnal Internasional (International Journal of Educationl, ISSN:19485476,vol.5.No.2,Juni.2013).http://www.macrothink.org/journal/index.php/ije/article/view/3831/3148
Sumardi. Subadi, T., 2015. Model Pembinaan Dosen Berbasis Program Perluasan Lesson Study Untuk Penguatan Proses Pembelajaran Di LPTK FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Prosiding. Urecol (University Research Colloquium) th2 ISSN 2407-9189. Halaman 128-135.
Boaduo dan Babitseng 2007. Professionalism of Teachers in Africa for Capacity Building Towards the Achievement of Basic Education: Challenges and Obstacles for Introspection. The International Journal Of Learning,Volume 14, Number 3, 2007 (http://www.Learning-Journal.com diakses pada 12/11/2008 13:12).
Departeman Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Depdiknas RI., Jakarta.
Mulyasa. E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Rosda, Bandung.
Subadi T., Samino 2009. Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study bagi Duru SD Se-Eks Karesidenan Surakarta. Laporan Penelitian Hibah Pasca Tahun ke I.
Subadi T., 2016. A Development Model of Lesson Study-Based Social Science Teachers at Muhammadiyah Schools in Sukoharjo Regency, Central Java, Indonesia. Journal International. The Social Sciences Year: 2016. Volume 11. Issue 24. Page No. 5919-5927.
Miles, B. M., Michael, H., 1984, Qualitative Data Analisys, dalam H.B. Sutopo, Taman Budaya Surakarta dan Aktivitas Seni di Surakarta, Laporan Penelitian, UNS.
Chakhshi . 2005. Reaping the Systemic Benefits of Lesson Study. Bloomington: Insights from the U.S. Vol 86. www.proquets.umi.com.
Chakhshi, Sonal, Clea Fernandes. 2004. Cellenger to Importing Japanes Lesson Study. Bloomington Concerns: Miscoseptions, and Nuancen. www.proquets.umi.com.
Thompson, 2007, Science Activities, Washington: Winter 2007. Vol. 43. Iss. 4, pg.27, 7 pgs.
Stewart R, Brederfur, J. 2005. Fusing Lesson Study and Aithetic Achievent. Bloomington: A. Model for Teacher Collabooration. www.proquest.umi.com
Robinson N. 2006. Lesson Study: An example of its adaptation to Israeli middle school teachers. (Online): stwww.weizmann.ac.il/G-math/ICMI/ Robinson Proposal.doc
Saito E. 2006. Development of school based in-service teacher training under the Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Improving Schools. Vol.9 (1): 47-59.
McTaggart, Robin, 1988, The Action Research Planner, Deakin University Press.
Hopkins, David, 1993, A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia, Open University Press.
Elliot, John W., 1991, Action Research for Educational Change. Philadelphia, PA, Open University Press.