PEMBELAJARAN SENI TARI BERKEARIFAN MAHASISWA PGSD UAD

Main Article Content

Heni Siswantari

Abstract

Berkearifan dalam tulisan ini dimaknai sebagai wujud kesantunan dan berwawasan multikultural dalam pembelajaran seni tari mahasiswa PGSD UAD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran seni tari yang berkearifan pada mahasiswa PGSD UAD. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada mahasiswa PGSD UAD. Deskripsi model pembelajaran dilihat aspek seni tari (gerak, kostum, dan musik) dan  nilai kearifan di dalamnya menjadi fokus penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran seni tari di PGSD UAD mengacu pada prinsip islami yang merupakan visi dan misi dari universitas. Karya seni tari yang dibuat oleh mahasiswa mengandung dua unsur yaitu islami dan multibudaya. Unsur islami pada karya terlihat pada gerak tari yang sopan (tidak seronok) bagi kelompok putri dan santun (tidak bersentuhan) bagi berpasangan putra putri, kostum yang islami (berhijab dan tidak menonjolkan bagian menonjol tubuh perempuan), dan musik yang mengambil inspirasi musik-musik kedaerahan (tidak memuat syair-syair yang seronok). Adapun nilai kearifan yang muncul adalah pendidikan karakter  yaitu etika kesopanan dalam berkesenian  dan  keberagaman dalam wujud karya seni tari yang bervariasi dari berbagai wilayah nusantara. Pada akhir pembelajaran, dilakukan  pagelaran karya tari para mahasiswa guna menumbuhkan rasa persatuan dan wawasan budaya yang beranekaragam sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SISWANTARI, Heni. PEMBELAJARAN SENI TARI BERKEARIFAN MAHASISWA PGSD UAD. Edukasi Journal, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 17 - 26, dec. 2017. ISSN 2579-4965. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1782>. Date accessed: 21 apr. 2018.
Section
Articles

References

Asri, C Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta, Yogyakarta. 2004. Hal. 35-39
Caturwati, E. Tari Kreasi dan Perkembangannya dalam Kapita Selekta Tari. Bandung: STSI Press. 1998. Hal 82.
Hiberman & Milles. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press. 1992. Hal 20.
Jazuli, M. Pendidikan Seni Budaya. Semarang: Unnes Press. 2008. Hal 76.
MCCutchen, B.P. Teaching Dance As Art In Education. United States of America: Human Kinetics. 2006.5-6.
Murgiyanto, Sal. Pertunjukan Budaya dan Akal Sehat.Jakarta: Fakultas Seni Pertunjukan IKJ. 2015. 189.
Rohidi, T.R. Pendidikan Seni Isu dan Paradigma. Semarang: Cipta Prima Nusantara. 2016. 18.
Rusliana, I. Aspek Manusia Dalam Tari dalam Aspek Manusia Dalam Seni Pertunjukan.Bandung: STSI Press. 1999. 1-5.
Soedarsono, RM. Tari-Tarian Indonesia 1. Jakarta: Pengembangan Media Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. 1997.42-45.