PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI MODEL DEWA SUKA CERPEN DI SMPN 13 MAGELANG

Main Article Content

Nok Mujiyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek. Peningkatan kemampuan menulis cerita pendektersebut melalui perbaikan kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan model  Dewa Suka Cerpen. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keberhasilan pembelajaran menggunakan model Dewa Suka Cerpen dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek. Metode yang digunakan  adalah penelitian tindakan kelas dan observasi. Data diperoleh melalui tes, observasi ,serta penyebaran koesioner pada kegiatan siklus I dan siklus II pada proses pembelajaran menulis cerita pendek. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Dewa Suka Cerpen mampu meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek. Perbaikan pembelajaran dengan model Dewa Suka Cerpen yang dilakukan dalam dua siklus dapat mencapai keberhasilan yang signifikan, yaitu 86%  peserta didik dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siklus I. Sedangkan pada kegiatan siklus II, 100% peserta didik dapat mencapai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MUJIYATI, Nok. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI MODEL DEWA SUKA CERPEN DI SMPN 13 MAGELANG. Edukasi Journal, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 81 - 92, dec. 2017. ISSN 2579-4965. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1798>. Date accessed: 18 july 2018.
Section
Articles

References

Depdiknas. (2004b). Bahan pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi guru smp bahasa indonesia.Jakarta: Depdiknas.
Halim, Amran. (1979). Ujian bahasa. Jakarta : Balai Pustaka.
Nurgiantoro, Burhan. (1988). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra.Yogyakarta: BPFE.
Nurgiantoro, Burhan. (2005). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: UGM Press.
Purwo, Bambang Kaswanti. (1997). PokokpPokok pengajaran bahasa indonesia dan kurikulum 1994.Jakarta : Pusat Perbukuan Depdikbud.
Sukamto, Toeti, dan Udin Saripudin Winaputra. (1997). Teori belajar dan model-model pembelajaran. Jakarta: Pusat Antaruniversitas
Sukandar, R. (2011). Menulis cerpen dengan teknik transformasi lagu. Diperoleh 12 Desember 2011. Dari http://www.rickysukandar.blogspot.com.
Uniwati.(2011). Cerpen tiurmedia: kajian struktural tzvetan todorov. Kedai Jurnal Bahasa dan Sastra, 7 (1).
Widyamartaya dan Sudiati. (2004). Kiat menulis esai ulasan. Jakarta: PT Grasindo.