Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi anak memahami konsep dasar matematika anak kelompok A (usia 4 -5 tahun) di TK Al Hidayah, Patrang, Jember. Memasuki semester 2 semestinya anak sudah mengenal dan memiliki kemampuan yang lebih baik tentang beberapa konsep matematika, seperti mengelompokkan benda dengan kategori tertentu, mengurutkan benda dengan pola tertentu serta berhitung dari 1–10 dengan urutan yang benar dan sesuai media yang dihitung. Namun hal ini tidak terjadi di Kelompok A TK Al Hidayah, karena pola mengajar guru yang dilakukan saat menjelaskan masih monoton, guru mengajarkan konsep berhitung menggunakan cara lama yakni menulis angka dengan menggambar benda di papan tulis. Satu hal yang menarik saat anak bermain di sentra balok, setiap anak nampak sangat nyaman bermain dan terlibat intens dengan media yang ada di sentra tersebut. Selama ini kegiatan di sentra balok dikondisikan hanya untuk kegiatan bermain pembangunan saja, sehingga hanya melibatkan motorik. Pelaksanaan tindakan dilakukan untuk menjawab rumusan masalah bagaimanakah mengenalkan konsep matematika awal melalui kegiatan di sentra balok. Dilakukan dalam tiga siklus dengan standar kesuksesan yang diharapkan 80%, pada akhir siklus ke 3 anak mampu melebihi standar kesuksesan yang ditetapkan. Pada pertemuan hari kedua siklus III, diketahui sudah tidak ada lagi anak yang berbintang satu atau anak yang belum berkembang, terlihat dari hasil penilaian harian yang menunjukkan disetiap indikator sudah melampaui dari kriteria kesuksesan sebesar 80%.

Article Details

References

    Anthony. G dan Walshaw. M. Mathematics Education in the Early Years: building bridges. Contemporary Issues in Early Childhood. www.wwwords.co.uk/CIEC. Diakses 18 September 2018.
    Charlesworth. R dan Lindt, K.K. 1990. Math And Science For Young Children. New York. Delmar Publishers Inc.
    Cohen. L. E. dan Emmons. J. Block play: spatial language with preschool and school-aged children. Early Child Development and Care. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1223064. Diakses 18 September 2018
    Henniger, M.L. 2013. Teaching Young Children. Boston. Pearson
    Hopkins. D. 2011. Panduan Guru: Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
    Slavin. R. E. 1997. Educational Psychology. Boston. Allyn and Bacon
    Wardhani. W.D.L. 2016. Model Pembelajaran Antisipasi Bencana Banjir Bandang Berbasis Proyek. Disertasi. Tidak Diterbitkan
    Wu Y.H dan McCollum. J. Teachers’ perceptions of early math concepts learned from unit blocks: A cross-cultural comparison. Early Child Development and Care. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1423562. Diakses 18 September 2018