Pendidikan Karakter melalui Metode Pembelajaran Aktif pada Mata Kuliah English Voice and Accent

  • Endah Ratnaningsih Universitas Tidar
  • Candradewi Wahyu Anggraeni Universitas Tidar

Abstract

Di era generasi milenial, pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar baik dari jenjang dasar maupun di perguruan tinggi. Salah satu penerapan pendidikan karakter pada level perguruan tinggi adalah dengan menerapkan pembelajaran aktif pada mata kuliah English Voice and Accent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa pendidikan karakter  melalui metode pembelajaran aktif yang diterapkan di mata kuliah English Voice and Accent. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Partisipan dari penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah English Voice and Accent di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif pada mata kuliah English Voice and Accent dapat memberikan konstribusi positif dalam penguatan pendidikan karakter mahasiswa seperti karakter kerja sama dalam tim, karakter menghargai pendapat orang lain, dan karakter mengemukakan pendapat yang bertanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heigham, J. dan Crocker, R.A. 2009. Qualitative Research in Applied Linguistics: A Practical Introduction. England: Palgrave Macmillan.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyatiningsih, E. 2010. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Depok: Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik.

Ramelan. 1999. English Phonetic. Semarang: IKIP Semarang Press.

Silberman, M. 2007. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif: Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Wijaya, H. dan Helaluddin, H. (2018). Hakikat Pendidikan Karakter. Diunduh dari https://www.researchgate.net
Published
2018-11-19