Main Article Content

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah memberikan referensi model dukungan sistem yang mampu menguatkan pelaksanaan pendidikan karakter di Indonesia. Pendidikan merupakan unsur yang dapat menciptakan kemajuan dan peningkatan kualitas hidup suatu bangsa. Dalam penyelenggara pendidikan, pembentuk karakter dan kecakapan hidup merupakan hal yang perlu diperhatikan. Akan tetapi, saat ini berbagai peristiwa muncul dan memberikan pengaruh pada kehidupan siswa, contohnya: bullying, pergaulan bebas, kurangnya sopan santun dan lain sebagainya. Fenomena tersebut terjadi dikarenakan kurangnya karakter positif yang membantu siswa memperkokoh fondasi hidup mereka sendiri. Pendidikan karakter merupakan suatu yang urgen dalam proses pembentukan dan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Akan tetapi pendidikan karakter saat ini masih dikatakan belum optimal, hal ini dikarenakan sarana dan kualitas pendidik dalam memberikan pendidikan karakter. salah satu hal yang dapat mengoptimalkan pendidikan karakter adalah melalui dukungan sistem yang mana merupakan salah satu dari empat komponen layanan dalam bimbingan dan konseling dan juga sebagai bagian integral dalam keseluruhan praksis pendidikan pada setting persekolahan. Dukungan sistem merupakan kegiatan manajemen serta tata kerja infrastruktur guna memperlancar kegiatan layanan bimbingan dan konseling. Dalam menguatkan pendidikan karakter, dukungan sistem ini meliputi berbagai aspek kegiatan, yaitu pengembangan jejaring (networking) (seperti bekerjasama dengan psikolog, Guru PKN, dan lain sebagainya), lalu pengembangan profesionalitas (seperti mengikuti organisasi profesi, seminar, pelatihan, workshop), pemberian konsultasi dan kolaborasi antara guru, orang tua dan pihak lainnya, serta manajemen program, riset dan pengembangan program. Melalui dukungan sistem diharapkan akan membantu guru BK dalam mengembangkan potensi dan kompetensi siswa secara spiritual, akademik, pribadi/sosial, karir yang hal ini mengarah kepada penguatan pendidikan karakter.

Article Details

References

  1. Ainissyif, H. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 1-26.
  2. Anwar, H. S. (2013). Membangun Karakter Bangsa. Jurnal At-Ta’dib, 8(1), 1-17.
  3. Aqib, Z. (2011). Pendidikan Karakter; Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.
  4. Bhakti, C. P. (2017). Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Untuk Mengembangkan Standar Kompetensi Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(1), 131-141.
  5. Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  6. Kemendikbud, K. P. (2016). PANDUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). Jakarta: KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN.
  7. Minsih, R. D., & UK, H. (2015). PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI NILAI-NILAI KETELADANAN GURU, SISWA DAN ORANG TUA DALAM UPAYA PENGUATAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal JPSD: Prodi PGSD UAD, 1(2), 1-14.
  8. Pasal I UU Sisdiknas. (2003).
  9. Patimah, S. (2012). FORMALISME PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA: Telaah Pendidikan Islam. Media Pendidikan Jurnal Pendidikan Islam, 27(1).
  10. Rahmawati, A. D., Sutama, & Sutarni, S. (2012). STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Ngrambe Kabupaten Ngawi): NASKAH PUBLIKASI Skripsi. Surakarta: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
  11. Samani, M., & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  12. Sihombing, L. B. (2015). PERANAN NYANYIAN SEBAGAI SUATU METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PADA SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK. GENERASI KAMPUS, 5(2), 40-49.
  13. Siswinarti, P. R. (2017, July 16). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMBANGUN BANGSA BERADAB. Retrieved August 23, 2018, from research gate: https://www.researchgate.net/publication/315100058
  14. Sutoyo, A., Sugiharto, D., & Purwanto, E. (2015). Bimbingan dan konseling Perkembangan. Semarang: Program Studi BImbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang: Semarang.
  15. Suyitno, I. (2012, February). THE DEVELOPMENT OF EDUCATION ON THE CHARACTER AND CULTURE OF THE NATION BASED ON THE LOCAL WISDOM. Retrieved August 23, 2018, from research gate: https://www.researchgate.net/publication/314599815
  16. Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  17. Tambunan, K. E. (2013). PENGARUHPENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DISMK SWASTA SATRIA DHARMA PERBAUNGAN T.P 2012/2013. JURNAL Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(73), 123-135.