Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan kehadiran masuk kelas melalui Konseling Individu berbasis studi kasus bagi siswa kelas X  IPS 2   SMA Negeri 4 Magelang Semester Genap.Tahun 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS2 SMA Negeri4 Magelang Semester Genap Tahun 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi. Wawancara dan studi dukumentasi Pada penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tenik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan kehadiran masuk kelas pada kondisi awal rata-rata 14,4 meningkat menjadi 15,4 pada siklus I dan 16,1 pada siklus II.

Article Details

References

  1. Winkel dan Sri Hastuti. (2007). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi
  2. Sanggar Bimbingan dan Konseling. (2002). Modul pelayanan Bimbingan dan Konseling Pengembangan Diri Kelas 1,2,3 SLTA. Jakarta
  3. Dewa Ketut Sukardi. (1989). Bimbingan Kasus di Sekolah-sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia
  4. Sri Hastuti. (2008). Konseling. Yogyakarta : Departemen Pedidikan Nasional Universitas Negeri Yogyakarta
  5. Sri Hartini. (2008). Penelitian Bimbingan dan Konseling. Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Yogyarta
  6. Sugihartono. (2008). Studi Kasus Sebagai Langkah Awal Proses Konseling. Departemen Pedidikan Nasional Universitas Negeri Yogyakarta