Peningkatan Kedisiplian Kehadiran Masuk Sekolah melalui Konseling Individu Berbasis Studi Kasus bagi Siswa Kelas X IPS2 Semester Genap SMA Negeri 4 Magelang Tahun 2018

  • Sri Budiyati SMA Negeri 4 Magelang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan kehadiran masuk kelas melalui Konseling Individu berbasis studi kasus bagi siswa kelas X  IPS 2   SMA Negeri 4 Magelang Semester Genap.Tahun 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS2 SMA Negeri4 Magelang Semester Genap Tahun 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi. Wawancara dan studi dukumentasi Pada penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tenik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan kehadiran masuk kelas pada kondisi awal rata-rata 14,4 meningkat menjadi 15,4 pada siklus I dan 16,1 pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Winkel dan Sri Hastuti. (2007). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi

Sanggar Bimbingan dan Konseling. (2002). Modul pelayanan Bimbingan dan Konseling Pengembangan Diri Kelas 1,2,3 SLTA. Jakarta

Dewa Ketut Sukardi. (1989). Bimbingan Kasus di Sekolah-sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sri Hastuti. (2008). Konseling. Yogyakarta : Departemen Pedidikan Nasional Universitas Negeri Yogyakarta

Sri Hartini. (2008). Penelitian Bimbingan dan Konseling. Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Yogyarta

Sugihartono. (2008). Studi Kasus Sebagai Langkah Awal Proses Konseling. Departemen Pedidikan Nasional Universitas Negeri Yogyakarta
Published
2018-11-19