Pembentukan Guru Berkarakter dengan Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Mahasiswa Calon Guru Melalui Peer Mentoring

  • Sri Sarwanti Universitas Tidar
  • Endah Ratnaningsih Universitas Tidar

Abstract

Guru yang berkarakter merupakan dambaan semua mahasiswa calon guru untuk mencapainya. Guru yang berkarakter memenuhi semua kriteria kecakapan atau kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Keterampilan mengelola pembelajaran menjadi keterampilan khas yang membedakan profesi guru dengan profesi yang lainnya. kemampuan mengelola pembelajaran ini disebut kompetensi pedagogis. seorang guru dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogis ini. mahasiswa calon guru juga dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogis agar mampu melaksanakan pembelajaran yang berhasil. Kompetensi pedagogis ini bisa ditingkatkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mentoring. Penelitian ini akan meneliti peran mentoring dalam peningkatan kompetensi pedagogis yang harus dimiliki mahasiswa calon guru untuk bisa menjadi guru yang berkarakter. Mentoring bisa dilakukan oleh beberapa sumber. Menurut observasi peneliti dan hasil wawancara dengan guru-guru pamong di SMA El Shadai Magelang dan SMA Muhammadiyah Muntilan, kompetensi pedagogis mahasiswa praktikan program pengalaman lapangan yang mendukung guru berkarakter masih harus ditingkatkan. Cara paling mengena adalah dengan mentoring yang dilakukan oleh teman sejawat karena prosesnya akan lebih terbuka dan santai. Penelitian ini dilakukan dengan  observasi dan pemberian angket. Observasi digunakan untuk mengetahui kondisi karakter mahasiswa calon guru sebelum menjalani peer mentoring. Sedangkan angket digunakan untuk mengetahui persepsi mahasiswa akan penerapan mentoring dalam peningkatan karakter guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khobir, A. 2009. Upaya Mendidik Anak melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, Vol. 7, No.2, pp.1-3.

-----. 2017. Oxford Living Dictionary. Oxford: Oxford University Press.

Coe, Robert, Cesare Aloisi, Steve Higgins and Lee Elliot Major, What makes great teaching? Review of the Underpinning Research, Center for Evluation and Monitoring (CEM), Durham University, UK., 2013

Gardner, Howard, and Thomas Hatch, Multiple Intelligences Go to School Educational Implications of the Theory of Multiple Intelligences, American Educational Research Association, Journal of Educational Researcher, Vol. 18, No. 8 (Nov., 1989)

Rosyada, Dadan. 2017. Kompetensi Pedagogik Guru. http://www.uinjkt.ac.id/kompetensi-pedagogik-guru/, mon, 18 sept 2017, 11.28

Nguyen, Hoa Thi Mai. 2017. Models Of Mentoring in Language Teacher Education. Volume 7. Switzerland: Springer.

Kram, K. E., & Isabella, L. A. (1985). Mentoring alternatives: The role of peer relationships in career development. Academy of Management Journal, 28 (1), 110–132. doi: 10.2307/256064.
Published
2018-11-19