Main Article Content

Abstract

Pengasuhan anak dewasa ini mengalami banyak tantangan terutama dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dan tuntutan persaingan di sekitar anak. Orang tua perlu membekali anak dengan kekuatan iman, karakter, fisik, mental, dan akademik sekaligus. Di satu sisi, perubahan gaya hidup dan struktur sosial telah menggeser peran orang tua dalam pengasuhan terhadap anak. Waktu interaksi anak dan orang tua yang terbatas, minimnya bekal pengetahuan orang tua dalam mengembangkan keterampilan keorangtuaan (parenting skills), dan tuntutan kehidupan yang semakin kompleks memperburuk model pengasuhan orang tua modern terhadap anak. Kondisi ini perlu mendapat perhatian serius karena keluarga merupakan kunci penting pembentukan kepribadian dan keberhasilan anak di masa dewasa. 90 ibu di wilayah miskin Kabupaten Magelang dipilih untuk menjadi responden penelitian. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif fenomenologis mengenai pengasuhan keluarga dan bagaimana kondisi keluarga mempengaruhi perkembangan karakter anak. Pengumpulan data dilakukan melalui focus group discussion, wawancara, dan pengisian lembar survey. Hasil pengumpulan data kualitatif menunjukkan bahwa (1) 26% permasalahan keluarga muncul karena faktor ekonomi; (2) 26,9% orang tua belajar melalui trial and error saat mengasuh anak, orang tua lebih banyak meniru perlakuan orang tua mereka dulu dan belum benar-benar meluangkan waktu untuk belajar mengenai keterampilan pengasuhan; (3) 37% permasalahan anak yang paling dominan berkaitan dengan emosi negatif yang ditunjukkan anak; (4) semakin kompleks masalah orang tua, semakin banyak perilaku negatif anak.Pengasuhan anak dewasa ini mengalami banyak tantangan terutama dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dan tuntutan persaingan di sekitar anak. Orang tua perlu membekali anak dengan kekuatan iman, karakter, fisik, mental, dan akademik sekaligus. Di satu sisi, perubahan gaya hidup dan struktur sosial telah menggeser peran orang tua dalam pengasuhan terhadap anak. Waktu interaksi anak dan orang tua yang terbatas, minimnya bekal pengetahuan orang tua dalam mengembangkan keterampilan keorangtuaan (parenting skills), dan tuntutan kehidupan yang semakin kompleks memperburuk model pengasuhan orang tua modern terhadap anak. Kondisi ini perlu mendapat perhatian serius karena keluarga merupakan kunci penting pembentukan kepribadian dan keberhasilan anak di masa dewasa. 90 ibu di wilayah miskin Kabupaten Magelang dipilih untuk menjadi responden penelitian. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif fenomenologis mengenai pengasuhan keluarga dan bagaimana kondisi keluarga mempengaruhi perkembangan karakter anak. Pengumpulan data dilakukan melalui focus group discussion, wawancara, dan pengisian lembar survey. Hasil pengumpulan data kualitatif menunjukkan bahwa (1) 26% permasalahan keluarga muncul karena faktor ekonomi; (2) 26,9% orang tua belajar melalui trial and error saat mengasuh anak, orang tua lebih banyak meniru perlakuan orang tua mereka dulu dan belum benar-benar meluangkan waktu untuk belajar mengenai keterampilan pengasuhan; (3) 37% permasalahan anak yang paling dominan berkaitan dengan emosi negatif yang ditunjukkan anak; (4) semakin kompleks masalah orang tua, semakin banyak perilaku negatif anak.

Article Details

References

    Abrhiem, T.H. (2014). The role of parenting styles in psychosocial development of adolescents. Bussiness and Management Review Vol. 3 (11). Pp 47-55 September 2014.

    Amato, P. R., & Keith, B. (1991). Parental divorce and the well-being of children: a meta-analysis. Psycological Bulletin. Vol. 110. pp 26-46.

    Antaranews. (2012). Legislator: 16 Meninggal Akibat Tawuran Sekolah. http://id.berita.yahoo.com/legislator-16-meninggal-akibat-tawuran-sekolah-072228266.html. Diakses 10 November 2012.

    Berk, Laura E. (2008). Child development, 9th edition. Boston: Allyn and Bacon

    Bibi, F., Chaudhry, A. G., Awan, E. A., & Tariq, B. (2013). Contribution of parenting style in life domain of children. IOSR Journal of Humanities And Social Science. Vol. 12. pp 91-95.

    Borlou, J, Coren, E, Steward-Brown, S. (2002). Meta analysis of the effectiveness of parenting programmes in impowering mental psychosocial health. British Journal of General Practice. 2002. No. 52, pp. 223-233.

    Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2007). Designing and conducting mixed methods research. Thousand Oaks, California: Sage Publications.

    El Hida, R. (2016). 6 Kasus orang tua bunuh anak sendiri yang menyayat hati. www.Liputan6.com 08 Desember 2016. Diakses tanggal 25 Maret 2017.

    Eliyanto, H., & Hendriani, W. (2013). Hubungan kecerdasan emosi dengan penerimaan ibu terhadap anak kandung yang mengalami cerebral palsy. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol. 2. pp 124-130.

    Hara, S.R, & Burke, D.J. (1998). Parent involment: the key to improved student achievement. The Community Journal, Vol. 8, No. 2, Fall 1998.

    Hassan, A., Yusoof, F., & Alavi, K. (2012). The relationship between parental skill and family functioning to the psychological well-being of parents and children. International Conference on Humanity, History and Society. Vol. 34, hal. 152-158. Singapore: IACSIT Press.

    Hyoscyamina, D. E., & Dewi, K. S. (2012). Pengembangan program parenting bagi anak usia dini dengan pendekatan psikologi positif dan karakter islami. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami, (hal. 30-46). Surakarta.

    Kistin, C. J., Radesky, J., Diaz-Linhart, Y., Tompson, M. C., O'connor, E., & Silverstein, M. (2014). A qualitative study of parenting stress, coping, and disiplince approaches among low-income traumatized mothers. J Dev Behav Pediatr. Vol. 3. pp 1-14.

    Lai, K. W., & Chang, C. M. (2001). Suicidal ideation, parenting style, and family climate among hong kong adolescents. Internationnal Journal of Psychology. Vol. 2. pp 81-87.

    Lestari, S. (2008). Pengasuhan orang tua dan harga diri remaja; studi meta analisis. Anima, Indonesian Psychological Journal. Vol. 24. pp 17-25.
    _________(2016). Psikologi keluarga: Penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. Jakarta: PT Kencana Prenadamedia Grup.

    Milevsky, A., Schlechter, M., Netter, S., & Keehn, D. (2006, September). Maternal and parental parenting styles in adolescents: associations with self-esteem, depression and life-satisfaction. J Child Fam Stud. pp 39-47.

    Nikolaev, E. L., Baranova, E. A., & Petunova, S. A. (2016). Mental health problems in young children: the role of mothers' coping and parenting styles and characteristics of family functioning. Annual International Scientific Conference early Childhood Care and Education, ECCE (hal. 95-99). Moscow: Elsevier.

    O’Connor, E, Rodrigues, E, Cappella, E, McClowry, S, & Morris, J. (2012). Child disruptive behavior and parenting efficacy: a comparison of the effects of two models of insights. Journal of Community Psychology, Vol. 40 No. 5, pp 555-572, July 2012.

    Papalia, D.E., Olds, S.W., dan Feldman, R.D. 2002. A Child’s World, Infancy through Adolescence. Ninth Edition. Boston: McGraw Hill

    Peters, K., & Jackson, D. (2008). Mothers' experiences of parenting a child with attention deficit hyperactivity disorder. Journal of Advanced Nursing. Vol. 1. pp 62-71.

    Pramono, Fx. (2015). Fakta pilu di balik penelantaran 5 anak di Cibubur oleh orang tua.www.liputan6.com 18 Mei 2015. Diakses tanggal 25 Maret 2017.

    Sanders, M.R (2003). Triple-P-Positive Parenting Program: A population approach to promoting competent parenting. Australian-e-journal for the advancement of mental health, 2, 127-143.

    Tomlinson, H.B & Andina, S. (2015). Parenting education in Indonesia, Review and recommendations to strengthen programs and systems. Washington: International Bank for Reconstruction and Development.

    Woodgate, R. L., Edwards, M., Ripat, J. D., Borton, B., & Rempel, G. (2015). Intense parenting: a qualitative study detailing the experiences of parenting children with complex care needs. BMC Pediatrics. pp 1-15.

    Yuniartiningtyas, F.(2014). Hubungan antara pola asuh orang tua dan tipe kepribadian dengan perilaku bullying di sekolah pada siswa SMP. Skripsi (tidak diterbitkan). Malang: Universitas Negeri Malang.

    Yulaelawati, E. (2015). Direktorat jenderal pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat. https://www.paud-dikmas.kemendikbud.go.id

    Sukiman.(2016). Implementasi program pendidikan keluarga berbasis sekolah. https://www.paud-dikmas.kemendikbud.go.id