Socmed (Social Media) sebagai Sarana Implementasi Pendidikan Karakter pada Siswa Pendidikan Dasar

  • Arie Supriyatno Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Tawil Tawil Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Subiyanto Subiyanto Universitas Muhammadiyah Magelang

Abstract

Meningkatkan keefektifan sekolah dalam penguatan pendidikan karakter diperlukan berbagai perubahan. Perubahan yang diperlukan mencakup berbagai aspek, dari perubahan cara pandang atau mindset pada komunitas sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan.Penguatan pendidikan karakter yang perlu dikembangkan dan diimplementasikan pada siswa pendidikan dasar adalah pendidikan karakter keberagamaan, kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, etos kerja, kemandirian, kreatif dan inovatif, visioner, kasih sayang dan kepedulian, keadilan, keikhlasan, kesederhanaan serta nilai-nilai moral lainnya yang dirasa mendukung pendidikan karakter. Sebaiknya pendidikan karakter ditanamkan sejak usia dini. Usia paling sesuai untuk menanamkan pendidikan karakter adalah usia di bawah 10 tahun. Hal itu disebabkan sifat dan karakter seseorang saat dewasa sangat dipengaruhi oleh pengalaman ketika masih anak-anak. Melalui sosial media sebagai sarana implementasi penguatan pendidikan karakterdi sekolah, diharapkan dapat memberikan solusi yang efektif dalam pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-19

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>