Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Pendidikan Karakter

  • Suyitno Suyitno Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam menumbuhkan karakter sejak dini dengan tujuan agar mampu memahami dan mengamalkan Al-Quran serta memiliki akhlakul karimah. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini dengan metode study literasi atau studi kepustakaan. Hasil dari pembahasan artikel ini menunjukkan bahwa dari 6 peran TPA sudah bisa dikatakan berperan baik dalam pendidikan karakter yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional yaitu (1) Peran TPA dalam membantu santri mengagumi dan mncintai Al-Qur’an sebagai bacaan yang istimewa (religius), (2) Peran TPA dalam membimbing santri membaca al-qur’an dengan baik dan benar (gemar membaca), (3) Peran TPA dalam mengajarkan sholat 5 waktu dengan tata cara yang benar (disiplin), (4) Peran TPA dalam membina santri menguasai hafalan sejumlah surat pendek atau ayat pilihan dan do’a sehari-hari (mandiri), (5) Peran TPA dalam mengarahkan berakhlak sosial yang baik sesuai dengan tuntunan Islam (peduli sosial), (6) Peran TPA dalam membantu santri menulis huruf Arab dengan baik dan benar (kreatif).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Muzayyin. 2003. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
As’ad Human, Budiyanto. 1995. Pedoman Pengelolaan Pembinaan dan Pengembangan TPA-TPA Nasional. Yogyakarta: LPTQ Nasional.
Faturrahman. 2006. Modul Diklat Rumpun Bidang Urusan Agama, Zakat dan Wakaf, Fungsi Masjid Dalam Pembinaan dan Pelayanan Umat. Jakarta: Departemen Agama RI Badan LITBANG dan DIKLAT PUSDIKLAT Tenaga Teknis Keagamaan.
Jalaluddin. 1989. Metode Tunjuk Silang Belajar Al-Qur’an. Jakarta: Kalam Mulia
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Peneliti dan Pengembangan, Pusat dan Perbukuan.
Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.
Majid, A. & Andayani, D. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Menteri Pendidikan Nasional. 2010. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS & Perarturan Pemerintah Republik Indonesia Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Serta Wajib Belajar. Bandung: Citra Umbara.
Putra, Windisyah. 2012. Mencerdaskan intrapersonal dan Interpersonal Anak Usia Dini Berbasis Edutainment. Yogyakarta. Multi Pressindo.
Salls, H. S. 2007. Character Education: An Introduction. University Press of America.
Syarmudin. Ahmad. 2006. Panduan Kurikulum dan Pengajaran TK/TPA Palembang. LPPTK BKPRMI
Published
2018-11-19