Main Article Content

Abstract

Indonesia Emas akan dicapai pada tahun 2045, dan masa tersebut merupakan milestone 100 tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada tahun 2045 Indonesia akan dipimpin oleh individu-individu generasi yang  saat ini baru berusia antara 5/6 tahun sampai dengan 13 tahun atau mereka yang saat ini sedang mengikuti pendidikan prasekolah dan Sekolah Dasar. Anak-anak tersebut karakternya akan dapat menjadi kuat apabila perkembangan potensi yang dimilikinya optimal.  Optimalisasi perkembangan anak untuk penguatan karakter dapat dilakukan melalui pendidikan informal, pendidikan formal dan pendidikan non formal. Keluarga dan sekolah merupakan lingkungan yang mempunyai posisi strategi dalam  mengoptimalkkan potensi perkembangan anak. Aspek perkembangan yang perlu dioptimalisaasi melalui rangsangan meliputi : kognitif, sosial-emosional, moral-spritual, bahasa, fisik -motorik dan seni.

Article Details

References

  1. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini,Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Dan Pemuda,Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Menu Pembelajaran Generik). Jawa Tengah : Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini Seksi PLS
  2. Megawangi R., 2007. Character Parenting Space (Menjadi Orang Cerdas Untuk Membangun Karakter Anak). Bandung : Read Publishing House.
  3. ------------, 2008.Wanginya Sembilan Pilar Karakter. Pena Pendidkan, 22-9-2008.
  4. .............., 2004. Pendidikan Karakter (Solusi yang tepat untuk membangun bangsa). Jakarta : Supramu Santosa President & CEO Star Energy (Kakap) Ltd.
  5. Nurokhim B., 2007. Membangun Karakter dan Watak Bangsa MelaluiPendidikan Mutlak Diperlukan. Posted@Wednesday,September 05,2007 5:51 PM By Cakrawala.
  6. Panjaitan, A.J., 2008. Keluarga, Kunci Pembentukan Karakter Anak. http://www.investorindonesia.com/index.php?=com_conten&task=view&id=48926. 30 Januari2008
  7. Hall, C. S. Dan Lindzey, G., 1978. Theories Of Personality. New York : John Willey and Sons. Inc.
  8. Soedarsono Soemarno. 2004. Character Building. Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
  9. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional .

Most read articles by the same author(s)