Main Article Content

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kepercayaan diri berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Batauga. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwa kepercayaan diri berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMP N 1 Batauga.


Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batauga dengan jumlah siswa sebanyak 166 orang yang tersebar dalam 8 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 116 orang, di ambil dengan berdasarkan table sampel yang disusun oleh Krejciedan Morgan. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket kepercayaan diri dan dokumentasi (nilai ulangan matematika siswa semester genap). Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMP N 1 Batauga. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t yang diperoleh sebesar 5,794, signifikan pada 0,000  0,05. Artinya bahwa  ditolak, atau  diterima. Kepercayaan diri berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 22,7%, sementara sisanya sebesar 77,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Keywords

kepercayaan diri prestasi belajar

Article Details

References

    Apryani, M. (2015). Penerapan model cooperative learning stad untukmeningkatkan rasa percaya diri pada pembelajaran matematika SD. Skripsi, tidak dipublikasikan.Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
    Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.
    Aziz. (2015). Belajar statistik dengan SPSS dan manual. Baubau: Lingkaran Matematika.
    Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar & pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
    Gunawa, M. A. (2013). Statistik untuk penelitian pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.
    Komara, I. B. (2016).Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa.Psikopedagogia, volume 5, nomor 1, halaman 33-42.
    Kompas. (2012). Prestasi sains dan matematika indonesia menurun. Diakses pada http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434/Prestasi.Sains.dan
    .Matematika.Indonesia.Menurun, tanggal 24 Maret 2017.
    Purwanti, S. R. (2013). Mengatasi masalah kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling kelompok pada siswa kelas VII F SMP Negeri 2 KarangpucungKabupaten cilacap. Skripsi, tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
    Putri, M. P. (2011). Upaya mengatasi kepercayaan diri rendah kelayan melalui konseling perorangan dengan pendekatan realita. Skripsi, tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
    Rifki, M. (2008). Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa di islam almaarif singosari malang. Skripsi, tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Islam Negeri.
    Rusmawati, dkk. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT terhadap prestasi belajar matematika ditinjau darimotivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Semarapura tahun pelajaran 2012/2013. Journal elektronic, volume 3, nomor -, halaman -.
    Safitri, D. A. (2015). Hubungan rasa percaya diri dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN kramat jati 19 pagi. Skripsi, tidak dipublikasikan. Jakarta: Universitas Islam Negeri.
    Sekaran, U. (2003). Research method for business: A skill building approach, 4th Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.
    Sinegar, E & Nara, H. (2010). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
    Suhardita, K. (2011). Efektivitas penggunaan teknik permainan dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan percaya diri siswa.Jurnal of linguistik, volume 2, nomor 1, halaman 127-138.
    Supardi, U. S. (2008).Pengaruh adversity qoutient terhadap prestasi belajar matematika.Jurnal formatif, volume3, nomor 1, halaman61-71.
    Trihendradi, C. (2012). Step by srep spss 20 analisis data statistik. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
    Wibisono, Y. (2005). Metode statistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.