Integration of Environment-Based Education In Science Subject as An Effort to Instill Environmental Awareness of Elementary School Students

Main Article Content

Dhuta Sukmarani Galih Istiningsih Ari Suryawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh integrasi pendidikan berbasis lingkungan melalui mata pelajaran IPA terhadap kesadaran lingkungan siswa di SD IT Muhammadiyah Bandongan Magelang. Penelitian ini mengggunakan desain eksperimen pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD IT Muhammadiyah Bandongan Magelang sejumlah 360 siswa. Sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling, yaitu siswa kelas III dan kelas V SD IT Muhammadiyah Bandongan Magelang. Kelas IIIA berjumlah 20 siswa dan VB berjumlah 19 siswa sebagai kelompok kontrol, sedangkan kelas IIIC berjumlah 20 siswa dan VA berjumlah 18 siswa sebagai kelompok eksperimen. Data kesadaran lingkungan diambil menggunakan angket. Analisis hipotesis dalam penelitian ini dilakukan menggunakan uji non parametrik Mann-Whiteney dengan bantuan software SPSS. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Mann-Whiteney,  diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) pada kelas III sebesar 0,004< 0,05 sedangkan pada kelas V sebesar 0,015< 0,05. dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan integrasi pendidikan berbasis lingkungan melalui mata pelajaran IPA terhadap kesadaran lingkungan siswa di SD IT Muhammadiyah Bandongan Magelang.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SUKMARANI, Dhuta; ISTININGSIH, Galih; SURYAWAN, Ari. Integration of Environment-Based Education In Science Subject as An Effort to Instill Environmental Awareness of Elementary School Students. Edukasi Journal, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 1-6, sep. 2017. ISSN 2579-4965. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/view/876>. Date accessed: 15 dec. 2017.
Section
Articles

References

Alwi Hasan, dkk. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.
Darmawan, B., Saam, Z., Zulkarnaini. (2010). Hubungan Pengetahuan, Sikap, Perilaku dan Peranserta dengan Kesadaran Lingkungan Hidup serta Kesanggupan Membayar Masyarakat Sekitar Bantaran Sungai di Kota Pekanbaru. Journal of Environmental Science, 2 (4), 103-116.
Dasrita, Y., Saam, Z., Amin, B., dan Siregar, Y.I. (2015). Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2 (1), 61- 64.
Grimmette, Katherine A . (2014). The Impacts of Environmental Education on Youth and Their Environmental Awareness. Environmental Studies Undergraduate Student Theses, University of Nebraska-Lincoln. Paper 135. http://digitalcommons. unl.edu/envstudtheses/135
Jamanti, Retno. (2014). Pengaruh Berita Banjir di Koran Kaltim Terhadap Kesadaran Lingkungan Masyarakat Kelurahan Temindung Permai Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 2 (1), 17-33.
Muslicha, Anisa. (2015). Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16 (2), 110-126
Neolaka, Amos. (2008). Kesadaran Lingkungan. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Pratomo, Suko. (2009). Model Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11,8-15. Bandung. Respository UPI.EDU.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.