Pemberian Punishment untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif Anak

Main Article Content

Sugiyadi Sugiyadi

Abstract

Pemberian punishment pada anak bertujuan untuk mengurangi perilaku hiperaktif pada anak Bustanul Atfal “Aisyiah Kalijoso Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan desain ecsperimen research dengan menggunakan 2 siklus, dalam setiap siklus terdiri dari rencana ecsperimen, treatment, observasi dan refleksi.


Variabel penelitian ini adalah perilaku hiperaktif anak sebagai variabel input, variabel proses yaitu pemberian perlakuan punishment, dan berkurangnya perilaku hiperaktif anak sebagai variabel output. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi sebagai sumber data primer yaitu frekuensi perilaku hiperaktif anak, dan hasil wwancara sebagai data skunder. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus persentase dengan indikator ketercapaian minimal 50%.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian perlakuan punishment dapat mengurangi perilaku hiperaktif sebesar 67% pada IFP dan 64% pada RTY, dengan rata-rata persentase pengurangan perilaku hiperaktif sebesar 65.%. kesimpulan penelitian adalah pemberian perlakuan punishment dapat mengurangi perilaku hiperaktif pada anak Bustanul Atfal “Aisyiah Kalijoso Kecamatan Secang Kabupaten Magelang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SUGIYADI, Sugiyadi. Pemberian Punishment untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif Anak. Edukasi Journal, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 64 - 69, oct. 2017. ISSN 2579-4965. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/view/887>. Date accessed: 15 dec. 2017.
Section
Articles

References

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Affandi & Munis Saleh. 2016. Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Lisan Al-Hal; Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, Vol 8 No. 2 Desember 2016: IAI Ibrahimy Situbondo
Aisyah, Sity, dkk. 2009. Perkembangan dan Konsep Dasar AUD. Universitas Terbuka: Jakarta
Alycya Moore. 2010. Jenis Kelainan Pada Anak. Kalamboti: Yogyakarta
Amir Daien I. 1973. Penganar Ilmu Pendidikan.Usaha Nasonal: Surabaya
Athur C. Graesser. 2008. Community Mental Healt Journal; Volume 44, no.6.
Athur C. Graesser. 2008. E-Journal of Education Psychology; www.apa.org/ pubs/journals/edu.Volume 103, no.1.
James Le Fanu. 2010. Atasi dan Deteksi Ragam Masalah Kejiwaan Anak Sejak Dini. DIVA Press Group: Yogyakarta
John W. Satrock, 2007. Psikologi Pendidikan. edisi kedua. PT Kencana Media Group: Jakarta
Nabuko, Cholid dan Ahmad, Abu. 2007. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Nuryanti, Lusi. 2008. Psikologi Anak. CV Indeks: Jakarta
Papalia E. Diane, Sally Wendkos old, Ruth Duskin Feldmen. 2008. Human Developmen (Psikologi Perkembangan). PT Kencana: Jakarta
Suharmini, Tin. 2005. Penanganan Anak Hiperaktif. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti
Taylor, John F.1997. Helping Your Hyperactive/ADD Child. Prima Publishing: California
Via Azmira.2015. A Gift: Anak Hiperaktif. Rapha publishing: Yogyakarta
Widayati. 2016. Strategi Pengembangan Pendidikan Karakter disekolah Dasar Melalui Peran Serta Masyarakat. Jurnal Wahana Pendidikan UN Malang: Nomor 24 Tahun 2016
Yudi Hartono . 2017. Model Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Bangsa Di Indonesia dari Masa Ke Masa. Jurnal Agastya: UPGRIS Madiun. Vol 7 No 1 Januari 2017.
Zaviera, Ferdinand. 2007. Anak Hiperaktif: Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif dan Gangguan Konsentrasi. Jogjakarta: Katahati

Most read articles by the same author(s)