Main Article Content

Abstract

Insomnia merupakan suatu ketidakmampuan memperoleh secara cukup kualitas dan kuantitas tidur. Hal tersebut dapat menyebabkan beberapa masalah pada lansia diantaranya rasa kantuk disiang hari, letih, dan kurang berkonsentrasi. Penanganan insomnia dengan menggunakan terapi farmakologi dan non farmakologi. Terapi kombinasi dzikir dan relaksasi otot progresif adalah salah satu bentuk terapi non farmakologi yang dapat menangani insomnia. Tujuan penelitiian ini yaitu untuk mengetahuii pengaruh kombinasi dzikir dan relaksasii otot progresiff terhadap tingkatt insomnia pada lansia di rumah pelayanann sosiall lanjut usia.


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi eksperimen without control group (pre eksperimen). Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan jumlah responden 22 orang. Analisis data yang digunakan adalah uji Marginal Homogenity.


Berdasarkan analisa hasil penelitian sesudah diberikan terapi kombinasi diperoleh nilai kategori tidak ada keluhan 12 responden (54,5%) dan kategori ringan 10 responden (45,5%).


Ada pengaruh pemberian kombinasi dzikir dan relaksasi otot progresif terhadap tiingkat insomnia pada lansia di rumah pelayanan sosiall lanjutt usia hasil p value sebesar 0,0001 (p value < 0,05).

Keywords

Dzikir progressive muscle relaxation insomnia elderly

Article Details

How to Cite
Amal, A. I., Cahyaningtias, Y., & Suyanto, S. (2021). Kombinasi Dzikir Dan Relaksasi Otot Progresif Terhadap Tingkat Insomnia Pada Lansia. Journal of Holistic Nursing Science, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.31603/nursing.v8i1.3813