Main Article Content

Abstract

Ada beberapa factor yang mempengaruhi prestasi belajar, salah satunya adalah kemampuan mendengar yang baik.Seseorang dapat menerima pesan suara setelah ada getaran suara yang masuk melalui liang telinga, kemudian diterima oleh mekanoreseptor. Bila liang telinga terhalang oleh sumbatan (serumen) maka akan mengganggu penerimaan suara. Pengambilan serumen dimaksudkan untuk menghilangkan halangan hantaran suara sehinga dapat mengatasi gangguan proses mendengar.


Jenis penelitian ini menggunakan desain pra-eksperiment bersifat retrospektif yang menggunakan rancangan penelitian pre-post test dalam satu kelompok atau one group pre-post test desain. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengalami penumpukan serumen pada telinganya dan telah dilakukan intervensi pengambilan serumen oleh petugas kesehatan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VI yang sebelumnya tidak cacat tuli, berjumlah 30 siswa.


Dengan membandingkan nilai raport satu semester sebelum dan satu semester sesudah dilakukan intervensi pengambilan serumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai raport rata-rata 6,55 dan setelah pengambilan serumen meningkat menjadi 7,09 dengan nilai t-tes=6,481 dengan nilai probabilitas 0,001. Hal tersebut menunjukan  bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pengambilan serumen terhadap peningkatan prestasi belajar pada siswa SD di wilayah kerja Puskesmas I Mertoyudan Magelang.Saran dari penelitian ini adalah perlunya pemantauan secara berkala dari petugas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan umum pada siswa sekolah, yang didukung oleh kebijakan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan maupun sector lain yang terkait.


 


 

Keywords

prestasi belajar pengambilan serumen

Article Details

How to Cite
Widiyanto, P., & Mulyaningsih, E. L. (2015). Pengaruh Pengambilan Serumen Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas Mertoyudan I Kabupaten Magelang. Journal of Holistic Nursing Science, 2(1), 10-18. Retrieved from http://journal.ummgl.ac.id/index.php/nursing/article/view/449