Perbedaan Perkembangan Bahasa Pada Anak Prasekolah Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Di Tk Pertiwi 53 Geblag Bantul Yogyakarta

Main Article Content

Nurul Hidayah

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode observasional atau noneksperimen dengan pendekatan waktu cross sectional. Rancangan penelitian ini adalah studi perbandingan, yaitu membandingkan atau membedakan perkembangan bahasa pada anak prasekolah ditinjau dari pola asuh orang tua. Sampel sebanyak 63 responden diambil dengan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan tes perkembangan bahasa anak prasekolah dan kuesioner pola asuh orang tua yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan reliabilitasnya menggunakan Cronbach Alpha dengan hasil Alpha = 0,9049.


            Data dianalisis menggunakan uji Analysis of Variance (Anova). Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara perkembangan bahasa pada anak prasekolah ditinjau dari pola asuh orang tua di TK Pertiwi 53 Geblag Bantul Yogyakarta tahun 2008 (F = 11,012; p = 0,000 atau p < 0,01). Analisis data dengan menggunakan Post Hoc Test “Multiple Comparison” dan t-test didapatkan hasil bahwa pola asuh demokratis adalah pola asuh orang tua yang paling baik. Oleh karena itu disarankan kepada orang tua untuk menerapkan pola asuh demokratis dan untuk guru TK disarankan mengajar anak didiknya menggunakan cara demokratis, sehingga perkembangan bahasa anak menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles