Pengaruh Pendampingan Suami Terhadap Lama Persalinan Normal Kala Ii Pada Ibu Primipara Di Rumah Bersalin Sakina Idaman Yogyakarta

Main Article Content

Helnia Kusumawati

Abstract

Suami adalah orang terdekat yang dapat memainkan peranan penting bagi wanita yang sedang melahirkan. Suami sebagai pendamping persalinan dapat membawa ketentraman bagi istri yang akan bersalin dan dapat memainkan peranan yang aktif dalam memberikan dukungan fisik dan dorongan moral.


                Penelitian ini difokuskan pada pengaruh pendampingan suami terhadap lama persalinan normal kala II pada ibu primipara. Mengingat primipara merupakan persalinan pertama sehingga ibu bersalin belum mempunyai pengalaman tentang persalinan. Suami diharapkan dapat membantu ibu dengan memberikan suport seperti memegang tangan ibu dan membantu ibu berdoa/ berdzikir sehingga dapat memperlancar proses persalinan khususnya tidak terjadi partus lama. Pendampingan suami dimulai dari kontraksi teratur setiap 10 menit sampai bayi lahir.


Responden dalam penelitian ini adalah 28 ibu primipara yang diindikasikan bersalin secara normal di RB Sakina Idaman Yogyakarta, 14 persalinan dengan pendampingan suami dan 14 persalinan dengan pendampingan selain suami. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan  desain True Eexperimental. Alat penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari variabel bebas dan variabel terikat dipakai analisa uji statisik Independent Sample T-Test ( Uji untuk dua sampel yang tidak berpasangan) dengan menggunakan program SPPP for Windows.


                Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh pendampingan suami dan pendampingan selain suami dengan lama persalinan normal kala II. Hal ini ditunjukan dengan nilai probabilitas (p) masing-masing 0,160 >0,05 yang berarti tidak mempunyai pengaruh yang signifikan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles