Uji Kualitatif Bakteri Escherichia Coli Pada Pemandian Umum Di Boton Balong Magelang

Main Article Content

Ira Dwi Anggraeni Candrawati Prasojo Pribadi Tiara Mega Kusuma

Abstract

Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari–hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan. Kebanyakan air tawar dan laut mengandung mikroorganisme. Salah satu mikroorganisme tersebut yaitu bakteri Escherichia coli. Bakteri Escherichia coli dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya diare. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya bakteri Escherichia coli pada pemandian umum di Boton Balong Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitatif bakteri di air dengan tiga cara pengujian yaitu uji penduga, uji penguat, dan biakan murni dengan cara tuang. Hasil dinyatakan positif bakteri Escherichia coli terkandung dalam sampel air apabila uji penduga dan uji penguat menunjukkan timbulnya gas dan keruh pada media, sedangkan pada biakan murni dengan cara tuang tampak bercak koloni bakteri pada media.


 Uji penduga dengan media Lactose Broth menunjukkan timbul gas dan keruh. Suspensi uji penduga diuji kembali dengan uji penguat menggunakan Brilliant Green Lactose Bile Broth dan menunjukkan timbul gas, sedangkan biakan murni dengan cara tuang menggunakan media Nutrient Agar tampak bercak koloni bakteri. Uji kualitatif pada sampel air menunjukkan hasil positif adanya bakteri Escherichia coli setelah ketiga pengujian dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
DWI ANGGRAENI CANDRAWATI, Ira; PRIBADI, Prasojo; MEGA KUSUMA, Tiara. Uji Kualitatif Bakteri Escherichia Coli Pada Pemandian Umum Di Boton Balong Magelang. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 36-40, sep. 2016. ISSN 2579-4558. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/pharmacy/article/view/186>. Date accessed: 19 oct. 2017.
Section
Articles