Hubungan Pengetahuan Dengan Tingkat Kepatuhan Pengobatan Pada Pasien Tuberkulosis Di Rsud Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen

Main Article Content

Anna Silvia Prihantana Sri Saptuti Wahyuningsih

Abstract

Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis, yakni kuman aerob yang dapat hidup terutama di paru atau di berbagai organ tubuh yang lainnya yang mempunyai tekanan persial oksigen yang tinggi. World Health Organization (WHO 1990) menyatakan bahwa 1760 juta manusia atau sepertiga penduduk dunia telah terinfeksi kuman tuberkulosis. Untuk mencapai kesembuhan diperlukan keteraturan, kelengkapan dan kepatuhan minum obat bagi setiap penderita. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan tingkat kepatuhan pengobatan pada pasien tuberkulosis di RSUD dr.Prijonegoro Soehadi Sragen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif Analitik Observasional dengan pendekatan Cross sectional. Populasi diambil dari pasien tuberkulosis di RSUD dr.Prijonegoro Soehadi Sragen. Tehnik pengambilan sampel dari anggota populasi dengan anggota populasi dengan metode Accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument kuisioner. Analisis data dengan uji prasyarat dan uji hipotesa dengan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikansi antara pengetahuan dengan tingkat kepatuhan pengobatan pada pasien tuberkulosis paru di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen dengan nilai signifikansi 0,009.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SILVIA PRIHANTANA, Anna; SAPTUTI WAHYUNINGSIH, Sri. Hubungan Pengetahuan Dengan Tingkat Kepatuhan Pengobatan Pada Pasien Tuberkulosis Di Rsud Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 46-52, sep. 2016. ISSN 2579-4558. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/pharmacy/article/view/188>. Date accessed: 17 aug. 2017.
Section
Articles