EVALUASI PENERAPAN ASPEK BANGUNAN, PERALATAN DAN SANITASI HYGIENE CPOTB PADA PEDAGANG JAMU GENDONG DI DUSUN TEMPURSARI, TEMPURAN, MAGELANG

EVALUASI PENERAPAN ASPEK BANGUNAN, PERALATAN DAN SANITASI HYGIENE CPOTB PADA PEDAGANG JAMU GENDONG DI DUSUN TEMPURSARI, TEMPURAN, MAGELANG

  • Qurota Akyuni Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: CPOTB, pedagang jamu gendong

Abstract

Jamu gendong termasuk dalam kategori obat tradisional. Proses produksi jamu gendong harus memenuhi Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB). CPOTB dipenuhi untuk melindungi masyarakat terhadap hal-hal yang merugikan dari penggunaan jamu gendong yang tidak memenuhi persyaratan mutu.

            Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi penerapan aspek bangunan, peralatan dan sanitasi hygiene CPOTB pada pedagang jamu gendong di dusun Tempursari, Tempuran, Magelang.

            Metode penelitian ini adalah deskriptif yang menggambarkan atau mendeskripsikan tentang aspek-aspek yang diterapkan dalam CPOTB jamu gendong. Populasi dalam penelitian ini adalah para pedagang jamu gendong di dusun Tempursari, Tempuran, Magelang. Sampel yang digunakan sebanyak 57 pedagang jamu gendong. Instrumen yang digunakan yaitu berupa kuesioner.

            Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi penerapan aspek bangunan sebesar 49,7%, aspek peralatan sebesar 78,2% dan aspek sanitasi hygiene sebesar 52,2%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-03