Manajemen Pengembangan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Abdul Chabib STAI Al-Husain SW Magelang

Abstract

Tujuan dari penelitian iniĀ  yaitu untuk mendapatkan gambaran secara umum tentang manajemen pengembangan MGMP bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Propinsi DIY terkait dengan pengembangan organisasi, kegiatan dan program, sumber daya manusia, sarana prasarana, pembiayaan, pengelolaan, serta pemantauan dan evaluasi. Kemudian apa saja yang menjadi problematika dalam pengembangan MGMP, serta langkah-langkah apa yang telah dilakukan oleh para pengurus MGMP bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Propinsi DIY dalam memecahkan problematika tersebut. Teori yang digunakan dalam pisau analisis dalam memecahkan permasalahan tersebut yaitu; teori manajemen SDM, kemudian secara spesifik dibahas tentang teori pengembangan SDM, pengembangan Organisasi,pemecahan masalah, dan pedoman standar MGMP bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dan mengambil subjek penelitian di MGMP Propinsi DIY. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara dengan sumber-sumber yang bersangkutan di MGMP Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan, menyajikan, mereduksi, dan menarik kesimpulan dari pengembangan MGMP bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Propinsi DIY tersebut. Analisi data dilakukan ketika peneliti memulai penelitian di lapangan dan setelah semua data terkumpul atau setelah selesai semua dari lapangan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) MGMP bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Propinsi DIY sudah memiliki struktur organisasi yang mandiri, sehingga berdampak pula pada pengembangan program dan kegiatan, Sumber daya manusia, pembiayaan, pengelolaan dan pemantauan serta evaluasi MGMP tersebut. (2). Problematika pengembangan MGMP bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Propinsi DIY dibagi menjadi dua.(3). Adapun langkah-langkah yang dilakukan oleh pengurus MGMP bahasa Arab Madrasah Stanawiyah Propinsi DIY dalam memecahkan problematika tersebut lebih mengedepankan pada rencana-rencana strategis yang itu dianggap bisa menyelesaikan semua permasalahan yang ada di MGMP, dengan harapan MGMP bisa menjadi sebuah organisasi yang bisa menaungi semua kebutuhan guru bahasa Arab, sehingga peran seorang guru bisa dirasakan dan bisa mempengarui pembelajaran pendidikan bahasa Arab yang ada dilingkungan sekolah nya masing-masing di semua Madrasah Tsanawiyah dilingkungan Kementerian Agama Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Published
2017-12-04
How to Cite
CHABIB, Abdul. Manajemen Pengembangan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tarbiyatuna, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 132-145, dec. 2017. ISSN 2579-4981. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1819>. Date accessed: 18 july 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.