Manajenem Kurikulum Pengembangan Pribadi Muslim (KPPM) (Studi di SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta)

  • Akhmad Baihaqi Universitas Muhammadiyah Magelang

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan tahap perkembangan peserta didik dan kesesuaiannya dengan lingkungan, kebutuhan pembangunan nasional, perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi serta kesenian, sesuai dengan jenis dan jenjang masing-masing satuan pendidikan itu. Isi kurikulum pendidikan dasar, harus memuat lima kelompok bahan kajian (Pasal 6 PP Nomor.19 tahun 2005), diantaranya adalah pendidikan agama. Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan agama harus ada pada semua jenis, alur, dan jenjang pendidikan. Hal ini merupakan usaha untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama yang dianut oleh peserta didik, memperhatikan tuntunan untuk menghormati (pemeluk) agama lain dan menjaga kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional

Published
2017-12-12
How to Cite
BAIHAQI, Akhmad. Manajenem Kurikulum Pengembangan Pribadi Muslim (KPPM) (Studi di SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta). Tarbiyatuna, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 186-204, dec. 2017. ISSN 2579-4981. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/199>. Date accessed: 16 dec. 2017.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.