Pembentukan Karakter Melalui Pembudayaan Agama

  • Ari Fajar Isbakhi Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Kemajuan suatu bangsa sangat tergantung kepada karakter seseorang, hal itu perlu diperhatikan secara komprehensif baik oleh keluarga,guru maupun masyarakat yang tinggal disuatu tempat. Maka dari itu penulis memaparkan pembudayaan agama dalam pembentukan karakter siswa yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pembudayaan agama dan sekaligus mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam menerapkan pembudayaan agama di sekolah. Karena pembudayaan atau pembiasaan agama sangat  penting pengaruhnya dalam pembentukan karakter siswa, salah satunya siswa menjadi lebih disiplin dalam segala kegiatan,terutama dalam hal Ibadah, disiplin ilmu dan lain sebagainya. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian field research yang bersifat kualitatif. Hasil dari penelitian ini mampu memotivasi para guru dalam memberikan perhatian kepada siswa untuk lebih mengenal akan Tuhannya dan sekaligus membiasakan siswa untuk berprilaku sesuai dengan ajaran Agama.

Published
2018-07-13
How to Cite
FAJAR ISBAKHI, Ari. Pembentukan Karakter Melalui Pembudayaan Agama. Tarbiyatuna, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 41-46, july 2018. ISSN 2579-4981. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/2068>. Date accessed: 20 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v9i1.2068.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.