Hubungan Pengetahuan Gizi, Aktivitas Fisik, dan Pola Makan Terhadap Status Gizi Remaja di Kelurahan Purwosari Laweyan Surakarta

Main Article Content

Retno Dewi Noviyanti Dewi Marfuah

Abstract

Masa remaja merupakan perubahan dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Masa ini terjadi perubahan secara fisik, fisiologis dan psikososial. Masa remaja rentan mengalami masalah gizi. Permasalahan gizi yang sering terjadi adalah kurang gizi dan pola makan yang salah. Disamping itu kelompok ini berada pada fase pertumbuhan yang pesat (Growth Spurt) sehingga dibutuhkan zat gizi yang relatif lebih besar jumlahnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi, aktifitas fisik dan pola makan terhadap status gizi remaja. Metode penelitian ini menggunakan metode cross sectional, teknik sampling menggunakan simple random sampling. Data pengetahuan gizi, aktifitas fisik dan pola makan diperoleh dari hasil wawancara yang mengacu pada kuesioner, sedangkan status gizi (IMT/U) diperoleh dari pengukuran berat badan dengan menggunakan timbangan injak digital dan tinggi badan menggunakan mikrotoa. Analisis data menggunakan Spearman Rho untuk menganalisis hubungan pengetahuan gizi dan aktifitas fisik terhadap status gizi dan Chi Square untuk menganalisis hubungan pola makan terhadap status gizi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pengetahuan gizi sebesar 76.5±12.88, aktifitas fisik sebesar 1.36±0.07, IMT/U sebesar -0.16±1.34 dan sebagian besar pola makan remaja termasuk kurang baik sebesar 64%. Hasil analisis hubungan pengetahuan gizi terhadap status gizi remaja (p=0.147), aktifitas fisik terhadap status gizi remaja (p=0.115) dan pola makan terhadap status gizi remaja (p=0.078. Kesimpulan tidak ada hubungan pengetahuan  gizi, aktifitas fisik dan pola makan terhadap status gisi remaja di Kelurahan Purwosari Laweyan Surakarta.

Article Details

How to Cite
NOVIYANTI, Retno Dewi; MARFUAH, Dewi. Hubungan Pengetahuan Gizi, Aktivitas Fisik, dan Pola Makan Terhadap Status Gizi Remaja di Kelurahan Purwosari Laweyan Surakarta. URECOL, [S.l.], p. 421-426, sep. 2017. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/view/1059>. Date accessed: 18 dec. 2017.
Section
Articles