Pengaruh Pemberian Air Rebusan Daun Jambu Biji (Psidium Guajava Linn) terhadap Lama Penyembuhan Luka Perineum Ibu Nifas di Kabupaten Pekalongan

Main Article Content

Nina Zuhana Lia Dwi Prafitri Wahyu Ersila

Abstract

Persalinan sering kali mengakibatkan robekan jalan lahir, baik pada primigravida maupun pada multigravida dengan perineum yang kaku. Sekitar 85% wanita yang melahirkan spontan pervaginam mengalami trauma perineum 32-33% karena tindakan episiotomi dan 52% merupakan laserasi spontan. Trauma perineum dapat terjadi infeksi perineum karena kebersihan perineum yang kurang terjaga Hal ini dapat dicegah dengan merawat luka. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian air rebusan daun jambu biji (psidium guajava linn) terhadap lama penyembuhan luka perineum ibu nifas. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-experimental research dengan rancangan posttes with control group. Populasi yang digunakan Seluruh ibu nifas dengan luka jahit perineum di kabupaten Pekalongan pada tahun 2017 dengan Teknik pengambilan sampel non probability sampling jenis consecitive sampling. Analisa data menggunakan uji un-paired t test menunjukkan Ada pengaruh pemberian rebusan daun jambu biji (Psidium Guajava Linn) terhadap lama penyembuhan luka perineum ibu nifas dengan nilai signifikasi  p 0,000 (< 0,05).

Article Details

How to Cite
ZUHANA, Nina; PRAFITRI, Lia Dwi; ERSILA, Wahyu. Pengaruh Pemberian Air Rebusan Daun Jambu Biji (Psidium Guajava Linn) terhadap Lama Penyembuhan Luka Perineum Ibu Nifas di Kabupaten Pekalongan. URECOL, [S.l.], p. 497, dec. 2017. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/view/1173>. Date accessed: 26 apr. 2018.
Section
Articles