Hubungan Personal Hygiene Organ Reproduksi dengan Kejadian Keputihan pada Remaja Siswi SMK N 1 Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang

Main Article Content

Yuli Irnawati Vivi Nur Setyaningrum

Abstract

Berdasarkan data statistik hasil penelitian di Jawa Tengah tahun 2009, menunjukkan bahwa 2,9 juta jiwa remaja putri berusia 12-24 tahun, 45% mengalami keputihan dan pada tahun 2010 meningkat 3,1 juta jiwa.


Dari survey pendahuluan yang dilakukan di SMK N 1 Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang dengan melalui wawancara 10 remaja yang mengalami keputihan di SMK N 1 Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang didapatkan hasil dari 10 siswi yang mengalami keputihan dengan rata-rata cara ceboknya yang salah dan setelah BAK dan BAB membersihkan vaginanya menggunakan sabun.


Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Personal hygiene  Organ Reproduksi dengan Kejadian Keputihan Pada Siswi SMK N 1 Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang.


Hasil penelitian didapatkan bahwa dari 13 orang yang mengalami keputihan sedang ada  8 orang (72,7%)  dengan personal hygiene organ reproduksi sedang dan dari 17 orang yang mengalami keputihan ringan ada 8 orang (72,7%) dengan personal hygiene organ reproduksi buruk.


Saran disampaikan pada remaja putri khususnya siswi kelas X, XI, XII SMK N 1 Sumber setelah dilakukan penelitian tentang personal hygiene organ reproduksi dengan kejadian keputihan supaya mereka mengetahui bagaimana cara melakukan personal hygiene organ reproduksi yang benar.

Article Details

How to Cite
IRNAWATI, Yuli; SETYANINGRUM, Vivi Nur. Hubungan Personal Hygiene Organ Reproduksi dengan Kejadian Keputihan pada Remaja Siswi SMK N 1 Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang. URECOL, [S.l.], p. 47-52, sep. 2017. Available at: <http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/view/1249>. Date accessed: 18 dec. 2017.
Section
Articles